LinkAja Hadir di Gojek, Go-Pay Optimistis Transaksi Tak Tergerus

Cindy Mutia Annur
16 Juli 2019, 21:18
Go-Pay optimistis, kolaborasi Gojek dengan LinkAja tidak akan mengurangi volume transaksi melalui platform-nya.
Katadata
Ilustrasi. Go-Pay optimistis, kolaborasi Gojek dengan LinkAja tidak akan mengurangi volume transaksi melalui platform-nya.

Layanan dompet digital besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), LinkAja bakal tersedia di aplikasi Gojek kurang dari dua bulan. Go-Pay optimistis kolaborasi induk usahanya dengan LinkAja ini tidak akan mengurangi volume transaksi melalui platform-nya.

Head of Corporate Communications Go-Pay Winny Triswandhani mencatat, sekitar 50 % transaksi di aplikasi Gojek menggunakan layanan pembayarannya. Tingkat penggunaan Go-Pay akan tetap tinggi meski ada dua layanan pembayaran di platform Gojek.

"Karena Gopay punya usecase (penggunaan) di luar Gojek yang luar biasa besarnya. Tidak hanya untuk membayar kopi, juga untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS). Saat ini sudah ada sekitar 5 ribu e-commerce yang pembayarannya bisa lewat Gopay," kata Winny di Jakarta, Selasa (16/7).

(Baca: Gencar Perluas Layanan, LinkAja Segera Hadir di Aplikasi Gojek)

Meski begitu, ia menegaskan bahwa Go-Pay tidak memandang LinkAja sebagai pesaing. Kolaborasi Gojek dan LinkAja sebagai upaya perusahaan untuk mendorong masyarakat beralih dari pembayaran tunai ke nontunai.

Melalui kerja sama ini, Gojek bisa memperluas jangkauan layanan hingga ke daerah terpencil. “Kami melihat bagaimana caranya agar bersama-sama masuk ke sekitar 90 % masyarakat Indonesia yang belum merasakan nontunai. Itu size-nya masih sangat besar sekali," kata dia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...