IHSG Diprediksi Turun, Saham Bank Mandiri dan Adaro Jadi Rekomendasi

Image title
17 Juli 2019, 09:28
IHSG, pergerakan saham
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Seorang pengunjung memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (17/7), secara teknikal diprediksi bergerak turun. Prediksi ini melanjutkan koreksi IHSG yang pada hari sebelumnya juga bergerak turun 0,25% dan ditutup di level 6.401,8. Namun, analis masih merekomendasikan sejumlah saham-saham kapitalisasi besar (blue chip), seperti PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Analis Binaartha Sekuritas, Muhamad Nafan Aji dalam risetnya terkait IHSG hari ini mengatakan, pergerakan IHSG mengindikasikan adanya potensi koreksi lanjutan sehingga berpeluang menuju ke area support.

Support pertama maupun kedua memiliki range pada level 6.384,7 hingga 6.367,6. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range level 6.423,6 hingga 6.445,3.

(Baca: IHSG Turun 0,25%, Inilah 10 Saham yang Cuan Hari Ini)

Senada, dalam risetnya Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus juga menilai secara teknikal IHSG juga memiliki peluang bergerak turun terbatas. IHSG diperkirakan bakal diperdagangkan pada level 6.370-6.414.

Nico menilai hari ini IHSG mendapat sentimen dari sentimen perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok yang dinilainya masih akan bergulir dalam jangka waktu panjang.

Menurutnya, Tiongkok mengulur waktu melakukan pembicaraan hingga Pemilu Amerika tahun depan dapat terlaksana dengan harapan Presiden terpilih bukan Trump kembali. Sisi yang lain, Presiden AS Trump kembali mengancam memberikan tarif impor Tiongkok lainnya senilai US$325 miliar.

"Hal ini menurut kami apa bila ancaman itu terlaksana, akan semakin memberatkan Tiongkok untuk mau melakukan kesepakatan dagang. Jangkankan kesepakatan, untuk bisa bertemu dan diskusi saja mungkin sudah sangat berat sekali," kata Nico.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...