Pemerintah Gelar Lomba Gapura, Hadiah Rp 1 Miliar dan Ketemu Jokowi

Penulis: Michael Reily

Editor: Ratna Iskana

17/7/2019, 19.29 WIB

Presiden akan berikan piala bergilir sebagai gapura terbaik dengan hadiah Rp 250 juta untuk pemenang utama.

jokowi
Katadata | Arief Kamaludin
Pemenang lomba gapura akan berkesempatan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta.

Pemerintah mengadakan lomba hias gapura untuk perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74. Ada 15 piala tersedia untuk para pemenang dengan total hadiah mencapai Rp 1 miliar . Selain itu, setiap pemenang lomba juga akan mendapat kesempatan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan, gapura adalah bentuk kreativitas masyarakat dalam menonjolkan ciri khas daerah masing-masing. "Saya harap dapat meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika," kata Tjahjo di Jakarta, Rabu (17/7).

Rincian hadiah terdiri dari 10 piala untuk 10 pemenang gapura kategori umum (Rukun Warga/RW) dan hadiah uang masing-masing Rp 50 juta. Kemudian, ada satu piala bergilir dari Presiden sebagai gapura terbaik dengan hadiah Rp 250 juta untuk RW yang keluar sebagai pemenang utama.

Tak hanya untuk RW, lembaga, instansi, perusahaan, dan organisasi juga punya kesempatan merebutkan tiga piala dengan hadiah uang senilai Rp 50 juta bagi tiap pemenang. Gapura favorit juga akan mendapatkan hadiah piala dan Rp 100 juta.

(Baca: Jokowi Dorong Produk Kreatif UKM Mampu Tembus Pasar Global)

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menuturkan, lomba gapura menunjukkan gotong royong masyarakat serta kontribusi ide kreatif. "Festival mampu memicu masyarakat untuk berinovasi," ujar Triawan.

Sebanyak 80 panitia kurasi akan menyeleksi 50 finalis gapura kategori RW dan 10 finalis kategori khusus. Informasi dan pendaftaran festival melalui www.gapuracintanegeri.com. Masing-masing peserta wajib mengirimkan 10 foto terdiri dari empat foto proses pembuatan meriah dan enam foto hasil karya gapura.

Kriteria penilaian adalah relevansi tema, orisinalitas ide, konsep (seni, estetika, dan kreativitas visual), inovasi produksi, semangat gotong royong, serta kebersamaan. Setiap pemenang dapat kesempatan ke Jakarta untuk menerima penghargaan dan bertemu Presiden.

Selain Tjahjo dan Triawan, dewan Juri terdiri dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Komposer Addie MS, Koreografer Eko Supriyanto, serta Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network Fiki Satari.

(Baca: Jokowi Sampaikan Lima Visi untuk Indonesia Lima Tahun ke Depan)

Reporter: Michael Reily

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha