Sektor Jasa Keuangan Stabil, Kredit Bank Semester I 2019 Tumbuh 9,9%

Agatha Olivia Victoria
24 Juli 2019, 17:07
OJK pertumbuhan kredit bank semester I 2019
Donang Wahyu|KATADATA
Gedung OJK

Rapat Dewan Gubernur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyimpulkan sektor jasa keuangan dalam kondisi stabil pada semester I 2019. Kesimpulan ini dengan melihat kinerja intermediasi yang positif serta profil risiko yang terkendali dari perbankan dan sektor jasa keuangan lainnya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso memaparkan, kredit perbankan tumbuh stabil pada level 9,92% secara tahunan. “Pertumbuhan tertinggi pada sektor listrik, air, dan gas, konstruksi, serta pertambangan," ujarnya di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Rabu (24/7).

(Baca: BI Beri Sinyal Akan Lanjutkan Penurunan Suku Bunga Acuan)

Kinerja intermediasi perbankan tersebut didukung oleh likuiditas dan permodalan yang memadai. Rasio alat likuid terhadap non-core deposit tercatat sebesar 90,09%, di bawah ambang batas yang ditetapkan. Sedangkan rasio kecukupan modal tebal yaitu sebesar 23,18%.

Dengan adanya penurunan giro wajib minimum dan penurunan suku bunga acuan BI, serta masuknya arus modal di pasar keuangan domestik, Wimboh meyakini pertumbuhan kredit akan semakin meningkat ke depan.

Meski begitu, pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan masih tertinggal dari kredit. DPK hanya tumbuh 7,42% secara tahunan. Meski begitu, Wimboh mencatat pertumbuhan DPK ini sebagai yang tertinggi dalam delapan bulan terakhir, didorong oleh meningkatnya pertumbuhan deposito dan giro.

Di tengah perkembangan intermediasi tersebut, perbankan mampu menjaga profil risiko. Risiko kredit stabil pada level yang rendah, tercermin dari rasio kredit bermasalah (NPL) gross sebesar 2,5%. Ini merupakan NPL akhir semester I yang terendah dalam lima tahun.

(Baca: Kredit Bank Mandiri ke Duniatex Rp 1,7 Triliun, Belum Kategori Macet)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...