BPMA Targetkan POD Blok Lhokseumawe Disetujui Akhir Bulan Ini

Image title
26 Juli 2019, 06:49
BPMA, Blok Lhokseumawe
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi, blok migas lepas pantai. Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) targetkan POD Blok Lhokseumawe disetujui akhir bulan Ini

Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) optimistis rencana pengembangan pertama (POD I) Lapangan Peusangan B Blok Lhokseumawe yang dioperasikan oleh Zaratex NV bisa segera disetujui oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Sebab, Pemerintah Aceh sudah memberikan persetujuan pengembangan blok tersebut.

Deputi Operasi dan Perencanaan Teuku Muhammad Faisal mengatakan Pemda Aceh bersama pihak terkait telah melakukan Konsultasi Daerah (Konsulda) untuk membahas POD I Lapangan Peusangan Blok Lhokseumawe di Jakarta pada beberapa pekan lalu. "Di akhir bulan ini dijanjikan Menteri akan tanda tangan di POD-nya," kata Faisal, saat ditemui di Kantor BPMA setelah acara diskusi bersama awak media di Banda Aceh, Kamis (25/7).

Setelah POD disetujui oleh Menteri, Zaratex mulai mengurus Analisis dampak lingkungan (AMDAL) untuk pengembangan Lapangan Peusangan B. Dibutuhkan waktu beberapa bulan untuk memproses AMDAL. Biarpun Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL UPL) telah selesai dikerjakan oleh Zaratex.

"Lingkup lebih besar untuk menelaah lagi analisa dampak lingkungan, masih banyak aspek lagi di situ dibutuhkan sekitar enam bulan," kata Faisal.

(Baca: BPMA Sebut Pembahasan PoD Blok Lhokseumawe Mendekati Tahap Final)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...