Sewindu Beroperasi, Blibli.com Target Penjualan Tumbuh Dua Kali Lipat

Desy Setyowati
26 Juli 2019, 18:29
Penjualan blibli.com
Blibli.com
Ilustrasi, Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto. Blibli.com menargetkan penjualan tumbuh lebih dari dua kali lipat tahun ini.

Perusahaan e-commerce Blibli.com menargetkan, total transaksi atau gross merchandise value (GMV) tumbuh lebih dari dua kali lipat tahun ini. Jumlah pesanan pun diperkirakan tumbuh 3,5 kali lipat.

Salah satu caranya dengan menyediakan beragam layanan. "Kami, average shopping cart bisa dibilang paling tinggi di Indonesia. Produk premium. Tapi tahun ini kami mau memperbanyak jumlah order," kata CEO Blibli.com Kusumo Martanto saat konferensi pers ulang tahun Blibli ke-8 di Jakarta, Jumat (26/7).

Salah satu layanan yang tersedia adalah BlibliMart, yang fokus pada kebutuhan sehari-hari atau grocery. Jumlah mitra khusus di layanan ini tumbuh 250% sejak dirilis April 2018 lalu. Sedangkan jumlah pesanannya tumbuh 400%.

(Baca: Gaet 100 Ribu Penjual, Blibli Berencana  Ekspor Produk Lokal)

Lalu, jumlah mitra di fitur Blibli Fashion tumbuh 180%. Item produk (stock keeping unit/SKU) pun tumbuh 120%. Dari jumlah tersebut, setengah di antaranya merupakan merek lokal. Sedangkan jumlah pesanannya tumbuh 80%.

Ada juga fasilitas khusus untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang disebut Galeri Indonesia. Kusumo mencatat, jumlah mitra melalui layanan ini naik 250% dengan pertumbuhan SKU 380%. Blibli.com pun menggandeng pemerintah daerah (pemda) Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta untuk menggaet lebih banyak UMKM.

Blibli.com juga menyediakan layanan omnichannel, yang disebut Click and Collect. Lewat fasilitas ini, e-commerce nasional itu mengintegrasikan online dan offline (O2O). Perusahaan menargetkan, 1,5 juta pengguna bisa memanfaatkan layanan ini.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...