Grab Akan Bangun Kantor di Jakarta, Mitra Pengemudi Punya Harapan

Cindy Mutia Annur
30 Juli 2019, 15:00
Mitra pengemudi Grab kantor pusat di Jakarta
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, Driver Grab di kawasan Pinang Ranti, Jakarta TImur (9/4). Mitra pengemudi menyambut baik wacana Grab yang ingin membangun kantor pusat (headquarter) kedua di Jakarta, Indonesia.

Mitra pengemudi Grab menyambut baik wacana perusahaannya yang ingin membangun kantor pusat (headquarter) kedua di Jakarta, Indonesia. Mereka berharap Grab meningkatkan layanan pengaduan seiring dengan rencana tersebut.

Salah satu mitra pengemudi Grab, Slamet (29 tahun) mengatakan, proses pengaduan sangat lama. Padahal, biasanya mitra menggunakan layanan itu jika terkena sanksi penangguhan (suspend). Hukuman itu diberikan karena ada laporan konsumen.

Karenanya, ia meminta agar proses pengaduan dipercepat supaya mitra bisa memberi penjelasan atas laporan konsumen. “Selama ini kami agak susah untuk melaporkan pengaduan yang menimpa kami," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (30/7).

Ia mencontohkan, jika mengadu secara online butuh waktu sekitar sepekan. Sedangkan jika ia datang langsung ke kantor, aduannya diproses di hari yang sama. Tetapi, ia harus rela mengantre sejak pukul 6 pagi.

Karena proses pengaduan yang lamban, dia tidak bisa bekerja hingga keluhannya diproses. Untuk itu, ia berharap pembangunan kantor pusat Grab di Jakarta dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan terhadap mitra pengemudi.

(Baca: Setelah Bertemu Jokowi, Grab Bakal Bangun Kantor Pusat di Indonesia)

Hal serupa disampaikan oleh Lim (49 tahun). Salah satu mitra Grab ini mengaku perusahaannya memberi sanksi atas laporan konsumen saja. Ia memberi contoh, penumpang memintanya mempercepat perjalanan. Namun, ia justru dilaporkan ke kantor karena dianggap mengebut.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...