Setelah Bertemu Jokowi, Grab Bakal Bangun Kantor Pusat di Indonesia

Michael Reily
29 Juli 2019, 13:26
jokowi bertemu ceo softbank, grab bangun kantor pusat di jakarta
Grab
Ilustrasi. Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengumumkan, bakal membangun kantor pusat baru di Jakarta, Indonesia.

Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengumumkan, bakal membangun kantor pusat (headquarter) baru di Jakarta, Indonesia. Pertemuan Bos Softbank Masayoshi Son dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menghasilkan komitmen investasi US$ 2 miliar atau sekitar Rp 28,4 triliun untuk mewujudkan rencana itu.

Saat ini, markas utama Grab berada di Singapura. Kini, Grab ingin menjadi decacorn atau startup bervaluasi US$ 10 miliar di Indonesia. "Pembukaan headquarter di Indonesia akan menjadikan Grab sebagai unicorn nasional," katanya usai pertemuan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (29/7).

Hanya, Ridzki tidak merinci proses pembangunan kantor pusat di Indonesia tersebut. Dia hanya menjelaskan, bahwa rencana ini merupakan bagian dari investasi Softbank di Tanah Air.

(Baca: Bos Softbank Temui Jokowi, Bawa CEO Grab dan Tokopedia)

Sejalan dengan hal itu, Grab berencana mengembangkan produk di wilayah timur Indonesia. Selain itu, Grab Indonesia bakal fokus pada pembangunan pusat riset dan pengembangan (research and development/R&D) guna meningkatkan layanan.

Ridzki menegaskan, produk yang bakal dikembangkan nantinya adalah GrabRide, GrabCar, GrabFood, dan GrabKitchen. Sebab, Grab mencatat pertumbuhan keempat layanan itu sangat tinggi.

Selain itu, ia optimistis bahwa kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) akan banyak diadopsi untuk keperluan kesehatan dan edukasi. "Kami yakin perbaikan produk dan layanan menggunakan AI akan meningkatkan jasa yang orientasi pada pelanggan, sehingga transaksi bisa meningkat," katanya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...