Sri Mulyani Ingin Bayar Pajak Semudah Beli Pulsa

Agatha Olivia Victoria
2 Agustus 2019, 14:37
pembayaran pajak tokopedia, sri mulyani
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan keinginannya agar reformasi perpajakan di Indonesia menjadi lebih mudah. Salah satu caranya dengan menggandeng e-commerce Tokopedia sebagai saluran pembayaran pajak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan keinginannya agar reformasi perpajakan di Indonesia menjadi lebih mudah. Tujuannya, agar tak ada lagi masyarakat yang mengeluh dengan proses pembayaran pajak yang terlalu rumit.

Sri Mulyani pun mengharapkan kemudahan membayar pajak nantinya akan semudah membeli pulsa. "Nah, untuk itu sekarang kami juga bekerja sama dengan Tokopedia agar menjadi channel pembayaran pajak," ucap dia dalam acara Kadin Talks, di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Jumat (2/8).

Cara ini dinilai Sri Mulyani dapat menambah pendapatan pajak yang belum bisa tumbuh secara signifikan. Sebagai informasi, penerimaan pajak hingga semester I-2019 baru mencapai Rp 603,34 triliun atau 38,25% dari target APBN 2019. Sementara, prediksi realisasi total penerimaan pajak hingga akhir 2019 hanya Rp 834,1 triliun atau 91% dari target.

(Baca: Sri Mulyani Siapkan RUU Perpajakan untuk Memacu Ekonomi)

Adapun realisasi penerimaan pajak paling kecil yakni pada Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Realisasi PPN tercatat Rp 212,3 triliun atau 32,4% dari target. Jumlah tersebut tumbuh negatif 2,66% dari pencapaian tahun lalu.

Karena itu, Kementerian saat ini sedang memformulasikan penurunan tarif pajak. "Terutama PPN yang selama ini saya dengar dari berbagai pengusaha proses birokrasinya terlalu rumit," ucap dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...