Anies Putuskan Kajian Ganjil Genap Sepeda Motor Akhir Pekan Ini

Image title
6 Agustus 2019, 15:26
ganjil genap sepeda motor
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Ilustrasi. Polusi udara di Jakarta yang memburuk membuat Pemprov Jakarta mengkaji aturan ganjil genap sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menegaskan lembaganya masih mengkaji aturan perluasan aturan ganjil genap untuk sepeda motor di Jakarta. Syafrin menyatakan hasil kajian aturan ini akan diserahkan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlebih dahulu, sebelum mengumumkan kepada publik.

"Rencana kajian akan kami sampaikan kepada Gubernur Anies Baswedan, Jum'at besok. Setelah itu akan diumumkan," kata Syafrin ketika dihubungi katadata.co.id, Selasa, (6/8).

Advertisement

Syafrin membantah kabar di media sosial yang menyebutkan rute perluasan ganjil genap sepeda motor di sejumlah daerah di Jakarta."Kami berharap masyarakat tidak percaya dengan kabar yang beredar di media sosial. Tunggu pengumuman resmi dari DKI Jakarta mengenai rencana perluasan ganjil genap," kata Syafrin.

(Baca: Alasan Pemprov DKI Jakarta Kaji Aturan Ganjil Genap untuk Sepeda Motor)

Hingga saat ini Dishub DKI Jakarta dan kepolisian masih mengkaji penerapan aturan ganjil genap untuk sepeda motor. Syafrin menyebutkan selain perluasan ganjil genap untuk sepeda motor, mereka mengkaji beberapa alternatif aturan lalu lintas yang dapat mengurangi polusi udara di Jakarta.

Apabila penerapan aturan ganjil genap disepakati, nanti akan dilakukan sosialisasi dan uji coba kebijakannya. "Setelah tahap uji coba, kami akan evaluasi berbarengan dengan itu kami siapkan revisi Pergub No 155 tahun 2018 tentang implementasi ganjil genap ini," katanya.

(Baca: Polusi Jakarta Buruk, Jokowi Tawarkan Solusi untuk Anies)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement