Terpukul Perang Dagang, Surplus Tiongkok ke AS Turun pada Juli

Agustiyanti
8 Agustus 2019, 13:14
perang dagang, tiongkok, as
Dilok Klaisataporn/123RF.com
Tekanan perang dagang membuat surplus neraca dagang Tiongkok ke AS menyempit dari US$ 29,92 miliar pada Juni menjadi US$ 27,97 miliar pada Juli.

Tiongkok mencatatkan surplus neraca perdagangan pada Juli 2019 sebesar US$ 45,06 miliar, turun dibanding bulan sebelumnya sebesar US$50,98 miliar. Sementara tekanan perang dagang membuat surplus neraca perdagangan dengan Amerika Serikat menyempit dari US$ 29,92 miliar pada Juni menjadi US$ 27,97 miliar.

Dikutip dari Reuters, data Bea Cukai Tiongkok mencatat ekspor pada Juli naik 3,3% dibanding periode yang sama tahun lalu, kenaikan paling tinggi sejak Maret. Kondisi ini berbalik dari perkiraan analis yang memperkirakan ekspor turun 2%.

Kendati demikian impor Tiongkok tercatat tetap lemah, menurun 5,6%. Hal ini disinyalir menunjukkan permintaan domestik yang masih diharapkan.

Akibat ekspor yang meningkat dan impor yang melemah, Tiongkok mengalami surplus perdagangan pada Juli sebesar US$ 45,06 miliar, turun dibanding bulan sebelumnya US$ 50,98 miliar pada Juni. Sebelumnya, analis memperkirakan surplus US$ 40 miliar pada Juli.

(Baca: Imbas Perang Dagang, Tiongkok Hapus Kuota Impor 3 Komoditas Pertanian)

AS menaikkan tarif pada mayoritas barang-barang Tiongkok pada Mei, setelah negosiasi perdagangan macet. Tiongkok pun memberikan balasan atas tindakan tersebut.

Gencatan senjata kemudian dilakukan kedua negara pada Juli setelah akhirnya para pemimpin kedua negara sepakat pada akhir Juni untuk memulai kembali perundingan dan Presiden Donald Trump menawarkan beberapa konsesi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...