Gelar Pameran, Ratusan Startup dan Unicorn Tawarkan Diskon hingga 90%

Cindy Mutia Annur
15 Agustus 2019, 14:23
diskon e-commerce
Katadata/cindy mutia annur
Suasana pameran pasar idEA di JCC.

Sebanyak 250 startup, termasuk unicorn menggelar pameran bertajuk Pasar idEA di selama Jakarta Convention Center (JCC) 15-18 Agustus. Perserta yang terdiri dari e-commerce hingga perusahaan logistik itu menghadirkan pesta diskon hingga 90%.

Selain itu, 110 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berpartisipasi dalam acara ini. “Pasar idEA yang menggandeng UMKM akan bisa memberi dampak positif dalam mengantisipasi isu serbuan produk asing di industri e-commerce,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara di Jakarta, Kamis (15/8).

Pembukaan pasar idEA juga dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin. Ia mengatakan, e-commerce dapat mendukung pemerataan ekonomi di Tanah Air.

Sebab, industri ini menjangkau masyarakat hingga ke daerah. “Visi pemerintah pada 2020, Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan berfokus pada pengembangan ekonomi digital berbasis lokal yakni akselerasi UMKM dan bisnis rintisan,” katanya.

(Baca: Sambut Hari Kemerdekaan, 13 Retail Gelar Diskon hingga 74%)

Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) Ignatius Untung menargetkan, pameran terintegrasi offline-online ini dikunjungi 120 ribu orang selama empat hari pelaksanaan. “Tantangan sekarang ini adalah bagaimana meningkatkan volume dan daya saing produk lokal di pasar e-commerce,” kata dia.

Faktor kepercayaan, menurutnya masih menjadi tantangan bagi pelaku usaha di industri e-commerce di Indonesia. Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan, 56% dari 171,17 juta pengguna internet aktif belum pernah berbelanja online.

Minimnya kepercayaan masyarakat terhadap transaksi secara online juga terlihat dari metode pembayaran bayar ditempat (Cash On Delivery/COD) yang banyak dipilih konsumen. "Ini karena kepercayaannya belum ada. Ini (COD)," kata Ignatius.

Karena itu, ia mengajak e-commerce, startup logistik hingga unicorn dan decacorn untuk berpartisipasi dalam pasar idEA. Harapannya, pameran ini meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. Dengan begitu, kepercayaan masyarakat untuk menggunakana layanan e-commerce meningkat.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...