Traveloka Pimpin Investasi Rp 85,2 Miliar di Startup Asal Vietnam

Penulis: Desy Setyowati

15/8/2019, 15.28 WIB

Startup Vietnam yang dibiayai memiliki klien lebih dari 70 ribu UMKM.

Ilustrasi, layanan konsultasi bisnis dari KiotViet. Traveloka pimpin investasi di startup asal Vietnam, Citigo Software (KiotViet).
Citigo Software
Ilustrasi, layanan konsultasi bisnis dari KiotViet. Traveloka pimpin investasi di startup asal Vietnam, Citigo Software (KiotViet).

Traveloka dan Jungle Ventures pimpin pendanaan seri A US$ 6 juta atau sekitar Rp 85,2 miliar untuk startup asal Vietnam, Citigo Software. Tambahan modal itu akan digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak terkait manajemen bisnis, khususnya sistem kasir (point of sale/POS).

Sebagai bagian dari investasi tersebut, Assistant Vice President of Investment, Traveloka Elsa Chandra akan bergabung dengan dewan direksi Citigo Software. Startup ini pun berencana memperluas cakupan bisnisnya di Vietnam.

"Dana tersebut akan digunakan untuk memperluas jaringan bisnis KiotViet ke semua provinsi dan kota di Vietnam, terutama ke daerah-daerah terpencil di mana akses teknologimya lebih rendah,” demikian kata Citigo dikutip dari Kr-Asia, Kamis (15/9).

(Baca: Traveloka Suntik Modal Startup Hiburan asal Singapura, PouchNation)

Layanan Citigo disebut dengan KiotViet. Perusahaan ini menawarkan solusi bisnis dengan perangkat lunak (Software as a Service/SaaS) sistem kasir berbasis komputasi awan (cloud).

Selain itu, perusahaan rintisan ini menawarkan manajemen inventarisasi, arus kas hingga pemasaran. Startup ini sudah memiliki klien lebih dari 70 ribu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di 63 provinsi di Vietnam.

Citigo berdiri pada 2010. Namun, perusahaan ini baru meluncurkan layanan KiotViet pada 2014. Sejak awal, bisnis KiotViet tumbuh 250%. Startup ini menawarkan layanan mulai dari US$ 7 atau sekitar Rp 99.400 per bulan.

Selain untuk memperluas cakupan bisnis, tambahan modal itu akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas tim kepemimpinan Citigo. Modal ventura asal Singapura, Jungle Ventures akan memberikan saran tentang perekrutan personil kunci.

(Baca: Kantongi Investasi 3 Unicorn, PasarPolis Incar 1 Juta Pemegang Polis)

Jungle Ventures juga akan membantu KiotViet untuk memperluas dan memperkuat posisinya di Vietnam. Caranya, dengan memberikan saran terkait strategi bisnis dan identifikasi pasar.

Penanaman modal di Citigo ini merupakan yang pertama kalinya bagi Jungle Venture berinvestasi di startup Vietnam. Modal ventura ini mengumpulkan dana US$ 175 juta hingga April tahun ini. Uang itu akan dipakai untuk berinvestasi di beberapa startup.

Adapun Traveloka juga pernah berinvestasi di startup dalam negeri, yakni PasarPolis. Salah satu unicorn Tanah Air ini pun sempat menanamkan modal di startup teknologi di bidang hiburan asal Singapura, PouchNATION.

(Baca: Tokopedia Dikabarkan Investasi di Empat Startup )

Penulis : Dorothea Putri Verdiani (Magang)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan