Wishnutama: Saya Tidak Pernah Bercita-cita Jadi Menteri

Penulis: Michael Reily

Editor: Martha Ruth Thertina

17/8/2019, 15.25 WIB

Komisaris Utama NET TV Wishnutama menyatakan tidak pernah membicarakan urusan politik ketika bertemu dengan Jokowi.

Potensi wishnutama menteri jokowi, kabinet baru jokowi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Wishnutama Kusubandio adalah salah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi menghadiri sidang tahunan MPR RI sidang bersama DPR RI - DPD RI dalam sidang DPR RAPBN 2020 di gedung Nusantara 1, DPR,  Jakarta Pusat (16/8).

Komisaris Utama NET TV Wishnutama Kusubandio menyatakan tidak pernah bercita-cita menjadi menteri. Maka itu, ia tidak bisa menjawab ketika ditanya wartawan mengenai kesiapannya bila diminta untuk mengisi posisi menteri di kabinet baru Jokowi.

"Saya tidak pernah mikirin, bilang siap atau enggak. Saya enggak pernah punya cita-cita jadi menteri,” kata dia saat menghadiri upacara peringatan proklamasi kemerdekaan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (17/8). Ia pun menyatakan tidak pernah membicarakan urusan politik dan urusan serius ketika bertemu dengan Jokowi.

(Baca: Wajah Baru Kabinet Jokowi: Menteri Usia di Bawah 30 Tahun)

Sejumlah pihak sempat menduga-duga potensi Wishnutama masuk kabinet. Hal ini seiring kehadirannya dalam pertemuan Jokowi dengan Bos Softbank Masayoshi Son di Istana Negara, akhir Juli lalu. Softbank membawa komitmen investasi untuk startup nasional serta ekosistem kendaraan listrik.

Ketika itu, Wishnutama tampak duduk bersebelahan dengan Kepala Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

(Baca: Jokowi Rampungkan Penyusunan Kabinet, Mayoritas dari Kaum Profesional)

Wishnutama juga membantah kehadirannya ketika itu terkait potensi investasi Softbank di NET TV. "Urusannya beda. Kalau Softbank urusan lain, bukan NET TV," ujarnya. Meski begitu, dia menolak untuk menjelaskan tentang urusannya dalam pertemuan itu.

Adapun Wishnutama juga tampak hadir dalam sidang paripurna DPR pada Jumat, 16 Agustus 2019, di mana Jokowi membacakan pidato nota keuangan 2020.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN