Subsidi Dipangkas, Sri Mulyani Siapkan Perubahan Harga BBM Tahun Depan

Agatha Olivia Victoria
20 Agustus 2019, 19:50
menteri keuangan, sri mulyani
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, penurunan besaran subsidi energi disebabkan oleh nilai tukar rupiah yang diasumsikan lebih kuat pada 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memangkas alokasi subsidi energi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 dari Rp 142,6 triliun dalam outlook tahun ini menjadi Rp 137,5 triliun.

Jika dirinci, subsidi BBM turun dari Rp 32,3 triliun pada tahun ini menjadi Rp 20,8 triliun, subsidi LPG 3 kg turun dari Rp 58 triliun menjadi Rp 54,4 triliun. Sedangkan subsidi listrik dipatok Rp62,2 triliun, naik 9,9 triliun dibanding tahun ini.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan, penurunan besaran subsidi energi disebabkan oleh nilai tukar rupiah yang diasumsikan lebih kuat pada 2020. Pemerintah mematok asumsi nilai tukar rupiah dalam RAPBN 2020 sebesar Rp 14.400 per dolar AS, menguat dari APBN 2019 sebesar Rp 15 ribu per dolar AS.

"Seperti saya sudah sampaikan berkali-kali, alokasi anggaran subsidi di dalam APBN basisnya adalah volume. Volume itu berdasarkan konsumsi dari barang subsidi tersebut, apakah itu diesel, LPG 3 kg, listrik, dan kemudian dikaitkan dengan harganya," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (20/8).

(Baca: JK: Anggaran Pembangunan dan Subsidi Papua Capai Rp 100 Triliun)

Oleh karena itu, menurut dia, pemerintah akan terus mengamati pergerakan nilai tukar rupiah serta harga komoditas ke depan yang mempengaruhi harga keekonomian BBM, LPG, dan listrik. Hal ini, menurut dia, lantaran kedua faktor tersebut merupakan faktor yang gampang berubah atau dinamis.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...