Awasi Penyaluran BBM Subsidi, Pertamina Terapkan Nozzle Digital

Image title
21 Agustus 2019, 20:17
Pertamina, SPBU
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, SPBU di kawasan Jakarta Pusat (09/08). Pertamina menerapkan nozzle digital di SPBU untuk mengawasi penyaluran BBM subsidi.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid mengungkapkan pihaknya telah menerapkan sistem digital di keran (nozzle) Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hal ini bertujuan untuk mengawasi penyaluran BBM subsidi.

Pertamina telah menerapkan penggunaan nozzle  digital di 5518 SPBU. Dengan nozzle digital, Pertamina jadi bisa memantau penjualan BBM subsidi  yang dianggap tak wajar. 

Advertisement

"Saat ini kami bisa monitor tiap transaksi berapa liter, tapi belum tahu nomor polisinya berapa. Melalui link aja kami tahu akun siapa dan data siapa, karena di situ ada nomor handphone, data dari eKTP masuk, dan tahu siapa pembeli ini," ujar Mas'ud pada Rabu (21/9).

Biarpun begitu, Pertamina menghadapi tantangan dalam menyiapkan 22.000 mesin EDC (pembayaran non tunai). Pasalnya kondisi SPBU Pertamina banyak yang sudah tua, sehingga perlu usaha ekstra untuk memasang mesin tersebut.

"Pemasangan EDC baru selesai 1.400, yang sudah integrasi 130, diantaranya di Jakarta. Khusus untuk kota Jakarta sudah selesai," ujar Mas'ud.

(Baca: Banyak Terjadi Penyelewengan, Kuota BBM Subsidi Tahun Ini Jebol)

Adapun BPH Migas melakukan tahap pengendalian penyaluran solar dengan edaran pengaturan pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) Jenis Minyak Solar yang berlaku efektif sejak 1 Agustus 2019 meliputi:

1. Dilarang menggunakan solar subsidi bagi kendaraan bermotor untuk pengangkutan hasil perkebunan, kehutanan dan pertambangan dengan jumlah roda lebih dari enam buah dalam kondisi bermuatan ataupun tidak bermuatan;

2. Maksimal pembelian solar subsidi untuk angkutan barang roda empat sebanyak 30 liter /kendaraan /hari, roda enam atau lebih sebanyak 60 liter/ kendaraan/hari dan kendaraan pribadi sebanyak 20 liter/kendaraan/ hari;

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement