Survei LSI: KPK Paling Dipercaya Rakyat, Parpol Terendah

Image title
29 Agustus 2019, 19:29
Survei LSI menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK yang tertinggi. Yang terendah adalah Parpol.
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Survei LSI menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap KPK yang tertinggi. Yang terendah adalah Parpol.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei mengenai kepercayaan publik terhadap lembaga negara selama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Hasilnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meraih kepercayaan tertinggi dari masyarakat, sedangkan partai politik (parpol) yang terendah.

Dari 1.220 responden, 84% di antaranya percaya terhadap kinerja KPK. Disusul oleh Presiden (79%), Kepolisian (72%), Pengadilan (71%), dan Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR (61%).

Advertisement

Parpol memperoleh tingkat kepercayaan terendah, yakni 53%. “Dalam empat tahun terakhir, KPK menjadi lembaga yang paling dipercaya publik,” kata Peneliti Senior LSI Burhanuddin Muhtadi dalam acara bertajuk "Efek Kinerja Pemberantasan Korupsi Terhadap Dukungan Pada Jokowi" di Jakarta, Kamis, (29/8).

(Baca: LSI Denny JA: Jokowi Berpotensi Menang Telak dari Prabowo)

Dalam survei itu, LSI menyisipkan pertanyaan bertuliskan, “seberapa percayakah Ibu/Bapak dengan lembaga di bawah ini?” Lalu, disertai dengan daftar institusi dan lima variabel kepercayaan, yakni sangat, cukup, sedikit, dan tidak percaya.

Hasilnya, 20% responden memilih variabel sangat percaya terhadap kinerja Presiden Jokowi. Jumlah itu lebih tinggi ketimbang diperoleh Kepolisian.

“Kami menemukan pola yang menarik dan konsisten terkait dengan korelasi yang sangat kuat antara kepuasan terhadap Presiden Jokowi dengan KPK,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement