Istana Sebut Sepuluh Nama Calon Pimpinan KPK Sudah Final

Dimas Jarot Bayu
4 September 2019, 06:35
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai, kritik terkait 10 nama capim KPK disampaikan ke DPR
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi, Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih (tengah) memberikan keterangan terkait hasil profile assessment calon pimpinan KPK periode 2019-2023 dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (23/8/2019). Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai, kritik terkait 10 nama capim KPK disampaikan ke DPR.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan sepuluh nama calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah final. Alhasil, tak akan ada perubahan atas  daftar nama yang diserahkan tim panitia seleksi (Pansel) tersebut.

“Ya sudah final lah,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/9).

Advertisement

Moeldoko mengatakan, sepuluh nama capim KPK yang diberikan kepada Jokowi telah disaring dari ratusan pendaftar. Ia yakin, Pansel tidak akan asal memilih sepuluh nama tersebut.

Sebab, Jokowi saat memilih Pansel pun tentu mempertimbangkan kredibilitas mereka. “Presiden sudah memerintahkan, mendelegasikan kewenangan, kan pasti sudah memikirkan pada saat membentuk tim seleksi,” kata Moeldoko.

(Baca: Jokowi Setuju 10 Nama Calon Pimpinan KPK yang Diserahkan Pansel)

Terkait masih adanya kritik dari masyarakat terkait nama-nama capim KPK, Moeldoko meminta agar hal itu tak lagi disampaikan ke pemerintah. Ia menilai, kritik masyarakat lebih tepat diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sebab, proses seleksi capim KPK setelah ini bakal dilakukan di parlemen melalui uji kelayakan dan kepatutan. “Ya nanti kan DPR yang akan memilih lagi. Ada prosedurnya. Jadi percayakan ke DPR lagi setelah itu,” kata dia.

Proses pemilihan pimpinan KPK periode 2019-2023 menuai kritik. Alasannya, Pansel KPK meloloskan calon-calon yang bermasalah dalam beberapa kali tahapan penyaringan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement