Dukung Wisata Danau Toba, Grab Luncurkan Grab Toba

Image title
8 September 2019, 12:36
Grab, Danau Toba
Grab
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (ketiga dari kanan) dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata (ketiga dari kiri) dalam acara peluncuran Grab Toba pada Sabtu (7/9).

Grab bersama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba meresmikan operasional Grab Toba dan menandatangani nota kesepahaman kerja sama untuk percepatan pengembangan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara. Kerja sama tersebut diharapkan dapat menggenjot pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Kerja sama strategis dengan Kementerian Pariwisata melalui Badan Pelaksana Otorita Danau Toba merupakan kelanjutan dari kerja sama Grab dan Kementerian Pariwisata untuk mendukung program Wonderful Indonesia dan melengkapi kehadiran Grab secara resmi di 14 bandar udara di seluruh Indonesia, termasuk Bandara Kuala Namu, Medan dan Bandara Silangit.

Peresmian operasional Grab Toba dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo, dan President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, serta disaksikan oleh sejumlah Bupati di sekitar kawasan Danau Toba, para mitra strategis pariwisata dan ratusan mitra pengemudi Grab di Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan kerja sama tersebut merupakan bentuk konkrit dari komitmen Grab untuk membantu percepatan pengembangan sektor pariwisata di Danau Toba yang merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia.

(Baca: Butuh Rp 1 T, Pemerintah Gaet Grab Bangun Infrastruktur di Danau Toba)

Grab dan pemerintah sudah membuat beberapa rute paket wisata ke Kawasan Danau Toba, yakti paket satu hari, dua hari, dan rute tiga hari dua malam yang dimulai dari Bandara Silangit. "Hal ini sangat saya apresiasi karena sejalan dengan instruksi Presiden Jokowi untuk memprioritaskan pembangunan lima destinasi wisata secara lintas sektor dan terintegrasi pada tahun 2020," kata Luhut dalam siaran pers pada Minggu (8/9).

Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Arie Prasetyo yang mewakili Kementerian Pariwisata mengatakan kerja sama tersebut diharapkan dapat membantu merealisasikan target kunjungan 1 juta wisatawan ke Danau Toba hingga 2023 yang ditetapkan pemerintah. Kerja sama tersebut juga diharapkan dapat mendukung pencapaian target pemerintah untuk mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...