Giant Lebak Bulus Tutup Akhir September, Gelar Diskon Hingga 60%

Penulis: Rizky Alika

Editor: Agustiyanti

10/9/2019, 18.42 WIB

Setelah menutup enam gerai Giant pada Juli lalu, Hero Supermarket akan menutup gerai Giant di Mal Poins Square, Lebak Bulus pada akhir September.

hero supermarket, giant
KATADATA/RIZKY ALIKA
PT Hero Supermarket Tbk (HERO) akan menutup gerai Giant Poins Square di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada akhir bulan ini. Perusahaan menawarkan diskon besar-besaran hingga 60% untuk seluruh barang.

PT Hero Supermarket Tbk dikabarkan akan kembali menutup salah satu gerai miliknya, yakni Giant Poins Square yang terletak di Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada akhir September ini.

Berdasarkan pantauan Katadata..co.id pada Selasa (10/9), gerai tersebut tengah melakukan cuci gudang dengan menggelar diskon hingga 60%.  Sejumlah banner pun terpasang di setiap sudut toko, beberapa di antaranya seperti “Diskon semua harga” dan “Semua harus terjual habis”.

Seluruh produk pajangan elektronik pun turut dijual meski tidak memiliki kelengkapan, seperti kardus, garansi, hingga remote televisi. Diskon produk elektronik, seperti televisi, kulkas, pemanggang roti, kipas, dan penanak nasi ditawarkan hingga 30%. 

Namun, sebagian besar produk sudah habis terjual. Bahkan, untuk produk mi instan hanya tersisa dengan merek Giant.

(Baca: Strategi Bertahan, Giant Tutup 6 Gerai)

Sejumlah rak yang seharusnya terisi buah, sayur, dan roti juga terlihat sudah kosong. Demikian pula dengan lemari pendingin yang seharusnya berisi  ikan segar dan daging beku. Tak terlihat aktivitas penjaga toko yang sibuk melayani pengunjung maupun menyetok barang. 

Seluruh resto cepat saji di dalamnya juga terlihat telah ditutup. Tak banyak pula pengunjung yang mendatangi gerai tersebut. Hanya terdapat satu atau dua orang yang mengantri di dua antrian kasir.

Penutupan gerai ini pun dibenarkan oleh petugas Giant. “Diskon sampai akhir September karena penghabisan stok. Jadi tidak akan distok lagi. Mau tutup,” kata salah satu petugas yang enggan menyebutkan namanya.

Salah satu pengunjung, Ningsih (47) mengaku sengaja berbelanja di Giant lantaran mendengar kabar penutupan toko. “Iya mau tutup. Ke sini karena diskonnya besar,” ungkap dia. 

 (Baca: Kinerja Keuangan Hero dan Retail Grup Lippo Jeblok di Semester I 2019 )

Katadata.co.id sudah mencoba menkonfirmasi pada Corporate Communication Hero Supermarket Tony Mampuk dan External Communication Specialist Hero Supermarket Astrid Meliza melalui pesan singkat maupun telepon. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada jawaban dari kedua pihak.

Pada Juli 2019, Hero Supermarket telah menutup enam gerai Giant. Gerai-gerai tersebut, yaki Giant Ekpres Mampang, Giant Express Cinere Mall, Giant Express Pondok Timur, Giant Extra Jatimakmur, Giant Extra Mitra 10 Cibubur, dan Giant Extra Wisma Asri.

Sebelumnya. Direktur Hero Supermarket Hadrianus Wahyu Trikusumo mengatakan penutupan gerai tersebut seiring meningkatnya persaingan di bisnis retail dan perubahan pola belanja konsumen.

"Kami sedang melakukan transformasi bisnis untuk memastikan perusahaan mampu bersaing secara efektif pada bisnis retail di Indonesia. Dengan berat hati kami informasikan bahwa Hero akan menutup 6 toko Giant pada 28 Juli 2019," kata dia beberapa waktu lalu.

Reporter: Rizky Alika

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

VIDEO PILIHAN