Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Kirim Surat Kedua untuk Karyawan

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Desy Setyowati

10/9/2019, 11.54 WIB

Jack Ma pernah mengirim surat untuk pelanggan dan karyawan saat merayakan ulang tahun ke-54, pada 10 September 2018.

pesan pendiri alibabab jack ma untuk karyawan
Alibaba
Ilustrasi, Pendiri Alibaba Jack Ma. Ma mengirim pesan kedua dan terakhir sebagai pimpinan Alibaba untuk karyawannya.

Pendiri sekaligus pimpinan Alibaba Group Jack Ma menyampaikan pesan kedua kepada karyawannya. Surat itu ia sampaikan dalam rangka pengunduran dirinya dari perusahaan yang ia bangun sejak 1999.

Surat pertama ia sampaikan saat merayakan ulang tahun ke-54 pada 2018. Saat itu, ia mengumumkan bakal pensiun dini dan menunjuk Daniel Zhang sebagai nahkoda baru Alibaba.

Hari ini, bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-55, Jack Ma resmi mengundurkan diri. Ia pun menyampaikan pesan kedua dan terakhir sebagai pemimpin Alibaba kepada karyawannya.

(Baca: Jack Ma Pensiun Dini, Alibaba dan Penerusnya Hadapi Tantangan Berat)

Berikut isi pesan Jack Ma kepada karyawannya:

Puisi untuk Hangzhou

Pada musim semi yang dingin pada 1999,
Saya kembali dari Utara dengan tangan kosong dan bekas luka parah.
Bergumam kata-kata aneh.
Memimpikan mimpi yang tidak masuk akal
Kisah-kisah fantasi tentang ‘Seribu Satu Malam’ masih ada di pikiran saya.
Air kanal yang berkilau,
Refleksi bulan di West Lake (Danau Xi Hu),
Kebijaksanaan abadi dari hamparan laut.
Anda tersenyum, Anda mendengarkan dan menatap
Pada kegagalan yang tak tertahankan ini,
Tapi Anda tidak pernah menilai atau meragukan saya.

Kami mengucapkan doa keyakinan dan keuletan,
Itu adalah masa lalu yang indah di Hupan Garden! (apartemen Jack Ma di Hangzhou)
Pemuda berdarah merah dengan ambisi untuk menguasai dunia.
Hanya berbekal tangan kosong dan keinginan sekuat besi.
Anda tidak pernah mengejek kami karena tidak memiliki apapun
Diam-diam, Anda mengarsipkan setiap klaim sombong kami.
Pelanggan pertama datang,
Investor pertama berkata ya,
Segera, lebih banyak teman yang berpikiran sama bergabung.
Anda menggairahkan banyak pengusaha
Dan mereka, sebagai gantinya, membangkitkan semangat di dalam diri kita.

Kami berlari dan jatuh di zaman pemberontakan saat berusia muda.
Kami bercita-cita menjadi pejuang, berjuang untuk kami, masa depan dan dunia.
Menyandang pedang di tangan, kami berlari melawan angin dengan Anda di sisi kami.
Tidak ada orang yang terlahir sempurna, tetapi kita menjadi sempurna dalam badai yang mengamuk.
Keteguhan Anda tidak ada duanya,
Saat Anda membersihkan seluruh langit sehingga pemimpi dapat terbang dengan bebas.

Kami mengumpulkan pikiran cemerlang di West Lake
Kami menyelenggarakan peragaan busana di sepanjang White Causeway.
Imajinasi masih bergerak liar,
Gagasan aneh terus muncul.
Pandangan yang tampaknya tidak masuk akal
Cahaya muda yang berkelap-kelip.
Anda mengantar pemburu mimpi ke panggung utama,
Dan menginspirasi para pengusaha untuk mengikuti cahaya di hati mereka.

Kemenangan apa? Hanya ketabahan dan ketekunan.
Kesuksesan apa? Hanya menolak untuk melepaskan mimpiku.

Terima kasih, Hangzhou.
Untuk memahami mimpiku sejak awal
Kami memiliki gen yang sama, tekad yang sama, akuntabilitas yang sama, masa depan yang sama
Danau dan gunungmu, hujan kabutmu,
Puisi cintamu, keyakinan Anda yang tak tergoyahkan
Taobao kami, Ant Financial kami, Cainiao kami, PTG kami
Ke titik terjauh dan lebih jauh lagi.

-Semua Karyawan Alibaba

(Baca: Perjalanan Alibaba Memanjakan Para Jomblo dengan Pesta Diskon)

Jack Ma bercerita tentang kenangan bersama karyawannya saat awal membangun Grup Alibaba sekitar 20 tahun lalu di apartemennya, Hupan Garden. Di sana, Ma mengumpulkan 17 mantan rekan kerja dan mahasiswa untuk meluncurkan bisnisnya.

Mengutip dari Alizia—bagian dari Alibaba Grup—Hupan Garden merupakan tempat yang dianggap suci.

Pada malam ulang tahun perusahaan yang ke-20, Ma pun dating ke Hupan untuk merenungkan hari-hari pertama ia mendirikan perusahaan. Ia juga merenung tentang hal-hal yang dibutuhkan untuk membangun perusahaan hingga menjadi seperti sekarang ini.

(Baca: Jack Ma Pensiun, Daniel Zhang Akan Pimpin Alibaba Tahun Depan)

Tahun lalu, saat memperingati hari ulang tahunnya yang ke-54, Ma juga mengirim surat untuk karyawannya. Berikut isi pesan tersebut:

Kepada pelanggan Alibaba, Aliren (karyawan Alibaba), dan para pemangku kepentingan,

Hari ini, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Alibaba yang ke 19, saya dengan senang hati menyampaikan sebuah berita gembira: Jajaran direksi telah menyetujui bahwa satu tahun dari sekarang, yaitu 10 September 2019 yang juga merupakan ulang tahun Alibaba yang ke 20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan posisi saya sebagai Chairman of the Board Alibaba Group.

Dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja berdampingan dengan Daniel untuk memastikan transisi kepemimpinan ini berjalan dengan lancar.

Setelah itu, saya akan tetap berada dalam jajaran direksi Alibaba hingga Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 2020.

Saya telah banyak memikirkan dan mempersiapkan rencana suksesi ini selama sepuluh tahun terakhir. Berkat dukungan Alibaba Partnership dan jajaran direksi, saya sangat senang bisa mengumumkan rencana ini hari ini.

Saya hendak berterima kasih kepada seluruh rekan di Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama kita selama 19 tahun ini telah mempersiapkan kita untuk apa yang dicapai hari ini dengan penuh kepercayaan diri dan kekuatan.

Transisi ini menunjukkan bahwa Alibaba telah naik ke level pengelolaan perusahaan ke tingkatan selanjutnya, dari perusahaan yang mengandalkan individu-individu, ke perusahaan yang dibangun dengan sistem pengelolaan perusahaan berstandar tinggi serta budaya pengembangan talenta.

Saat Alibaba didirikan pada 1999, tujuan kami adalah membangun perusahaan yang bisa menjadi kebanggaan Tiongkok dan dunia serta perusahaan yang bisa berdiri selama 102 tahun.

Namun, kami semua tahu bahwa tidak ada yang bisa hidup dan berada di perusahaan selama 102 tahun. Keberlanjutan Alibaba harus dibangun dengan pengelolaan yang kuat, filosofi berbasis budaya, dan konsistensi dalam pengembangan talenta.

Tidak ada perusahaan yang bisa sepenuhnya mengandalkan para pendirinya. Tentunya, dari semua orang yang ada, saya harus memahami hal tersebut. Karena batasan-batasan fisik tentang kemampuan dan energi seseorang, tidak ada orang yang bisa memikul tanggung jawab seorang Chairman dan CEO selamanya.

Kami menanyakan pertanyaan ini pada diri kami 10 tahun lalu - bagaimana Alibaba bisa mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan setelah Jack Ma meninggalkan perusahaan?

Kami percaya satu-satunya cara memecahkan permasalahan suksesi kepemimpinan perusahaan adalah dengan mengembangkan sistem pengelolaan perusahaan berdasarkan budaya yang unik dan mekanisme untuk mengembangkan talenta dan penerus perusahaan secara konsisten. Selama 10 tahun, kami terus mengembangkan hal-hal ini.

Sebagai orang yang pernah berprofesi sebagai guru, saya sangat bangga akan apa yang saya telah capai. Para guru selalu ingin murid-muridnya lebih sukses dari dirinya sendiri, oleh karena itu, saya dan perusahaan bertanggung jawab untuk menjadikan generasi yang lebih muda dan lebih berbakat untuk mengambil alih peran-peran kepemimpinan agar mereka bisa mewariskan misi kita untuk “memudahkan seluruh masyarakat untuk melakukan bisnis di mana saja.

”Saya sangat ingin melanjutkan misi ini untuk membantu UMKM; kaum muda dan perempuan di seluruh dunia. Ini bukan sekadar maksud kami saat hari pertama kami membangun Alibaba, tapi saya merasa sangat bersyukur telah mendapatkan kesempatan ini. Mewujudkan mimpi di balik misi ini membutuhkan partisipasi dari lebih banyak orang lagi, tidak hanya Jack Ma dan upaya terus-menerus para Aliren dari generasi hingga ke generasi berikutnya.

Alibaba menjadi hebat bukan karena skala bisnis dan pencapaian kami. Hal terbaik tentang Alibaba adalah kami saling bekerja sama di bawah satu visi dan misi.

Sistem kerja sama, kultur yang unik, dan tim yang berbakat telah menjadi fondasi yang kuat bagi perusahaan kami. Nyatanya, sejak saya memberikan posisi CEO saya pada 2013, perusahaan ini telah berjalan dengan sangat baik selama lima tahun.

Sistem kemitraan yang kami kembangkan adalah solusi kreatif untuk tata kelola dan keberlanjutan usaha yang baik, selagi perusahaan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi perusahaan besar: terus berinovasi, suksesi kepemimpinan, akuntabilitas dan keberlanjutan budaya.

Selama bertahun-tahun, dalam upaya membentuk model manajemen kami, kami telah melakukan eksperimen dan melakukan perbaikan-perbaikan untuk menyeimbangkan antara sistem dan individu-individu.

Kita tidak akan bisa memecahkan masalah jika hanya mengandalkan individu atau hanya mengikuti sistem.

Untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang berkelanjutan, kita memerlukan keseimbangan antara sistem, sumber daya manusia, dan budaya.

Saya sangat percaya bahwa sistem kemitraan kami dan upaya-upaya untuk menjaga budaya kami akan didukung dan dicintai para pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.

Sejak dibangun pada 1999, kami telah melihat bahwa masa depan Alibaba akan lebih bergantung pada “kumpulan orang-orang berbakat” untuk memungkinkan kami meneruskan rencana suksesi manajemen.

Kerja keras kami selama bertahun-tahun telah membuat Alibaba sebagai pusat orang-orang berbakat di dunia, secara kualitas dan kuantitas.

Guru di dalam diri saya sangat bangga dengan pencapaian tim kita, kepemimpinan kita, dan kultur unik yang mendorong misi perusahaan, serta bagaimana kita dapat terus melahirkan pemimpin-pemimpin hebat dan profesional seperti Daniel Zhang.

Daniel telah bersama Alibaba Group selama 11 tahun. Sejak ia mengambil alih posisi CEO, ia telah menunjukkan talenta luar biasa, kemampuan bisnis, dan kepemimpinan yang teguh.

Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah menghasilkan pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 triwulan berturut-turut. Pemikiran analisisnya sulit ditandingi, ia sangat memegang teguh misi dan visi kami, ia merengkuh tanggung jawabnya dengan penuh semangat, dan ia memiliki keberanian untuk berinovasi serta menguji model-model bisnis yang kreatif.

Atas kerja kerasnya, ia pantas disebut sebagai CEO No 1 tahun 2018 oleh media bisnis di Tiongkok. Ia dan timnya telah mendapat kepercayaan dan dukungan dari para pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.

Saya merasa keputusan untuk mengoper tongkat kepemimpinan Alibaba kepada Daniel dan timnya merupakan keputusan yang tepat di waktu yang tepat. Setelah bekerja sama dengan mereka saya yakin bahwa mereka sudah siap dan saya memiliki kepercayaan penuh kepada generasi kepemimpinan kami selanjutnya.

Bagi diri saya sendiri, saya masih memiliki banyak mimpi yang hendak saya wujudkan. Mereka yang mengenal saya tahu kalau saya tidak bisa duduk diam.

Saya berencana untuk terus menjalankan peran saya sebagai pendiri dari Alibaba Partnership dan terus berkontribusi dalam kerja sama ini.

Saya juga ingin kembali ke dunia pendidikan, dunia yang selalu memberikan saya kebahagiaan karena saya mencintai apa yang saya lakukan.

Dunia ini sangat besar dan saya masih muda, maka saya akan terus mencoba hal baru - saya bisa mewujudkan mimpi baru, bukan?

Satu hal yang bisa saya janjikan kepada semua orang adalah: Alibaba was never about Jack Ma, but Jack Ma will forever belong to Alibaba. 

Jack Ma

September 10, 2018

(Baca: Pengganti Jack Ma, Daniel Zhang Bukan Orang Baru di Alibaba)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan