Pertamina Tunggu Validasi Temuan Cadangan Migas Sumur Morea–001

Image title
13 September 2019, 22:05
Pertamina EP, eksplorasi migas
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf (kiri) mengatakan pihaknya masih menunggu validasi hasil pengeboran sumur Morea - 001.

PT Pertamina EP telah merampungkan pengeboran sumur eksplorasi Morea – 001 (MOR-001) yang berada di wilayah kerja Asset 4 Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Dari pengeboran tersebut, Pertamina menemukan cadangan gas baru.

Namun Pertamina perlu menunggu hasil valuasi untuk mengetahui besaran cadangan gas di sumur tersebut. "Harapannya satu bulan ke depan sudah selesai," ujar Presiden Direktur Pertamina EP Nanang Abdul Manaf kepada Katadata.co.id Jumat (13/9).

Sebelumnya, Exploration and New Discovery Project Director Pertamina EP Alfian Husein mengatakan penemuan cadangan migas baru dari sumur Wolai dan Morea menambah keyakinan Pertamina EP untuk terus agresif melakukan kegiatan eksplorasi. Terutama dalam kegiatan survei seismik dan pengeboran di kawasan pantai timur Sulawesi Tengah.

(Baca: Pertamina EP Genjot Pengeboran Sumur Demi Kejar Target Produksi Minyak)

Apalagipada tahun lalu, Pertamina EP bisa menemukan sumber daya kontinjen (contingent resources) sekitar 250 miliar kaki kubik gas ditambah beberapa juta barel minyak  dari hasil pengeboran sumur eksplorasi Wolai di area yang sama.

Hingga Agustus 2019, Pertamina EP mencatat telah menemukan potensi cadangan migas dengan total mencapai 22 MMBOE. "Diantaranya yakni Randu Wangi di Jawa Barat dan Wolai di Sulawesi tengah," kata Nanang.

Pada Februari 2019, Tim Exploration Drilling juga menemukan cadangan migas baru dari sumur Randuwangi di kawasan Subang, Jawa Barat. Cadangan diperkirakan sebesar 15 juta barel setara minyak. Pertamina EP akan menggunakan cadangan ini untuk menjaga tingkat produksi migas di wilayah kerja Pertamina EP Asset 3, Jawa Bagian Barat.

(Baca: Pertamina Tajak Sumur West Mudi A-1 Lebih Cepat Setahun dari Target)

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...