Kerek Laba, Bukit Asam Genjot Produksi Batu Bara Kalori Tinggi

Image title
17 September 2019, 19:42
Aktivitas di tambang batu bara legal di Baru Tengah, Kalimantan Timur (19/1/2019).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Aktivitas di tambang batu bara legal di Baru Tengah, Kalimantan Timur (19/1/2019).

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) akan meningkatkan produksi batu bara berkalori tinggi atau high calorie value sebesar 6.000 kalori pada semester II 209. Strategi tersebut dilakukan guna mendongkrak kinerja laba perusahaan. 

Sekretaris Perusahaan PTBA Suherman menjelaskan dengan memproduksi batu bara berkalori tinggi, perseroan dapat mengoptimalkan margin keuntungan. Sementara batu bara kalori rendah atau 4.000 kalori, menurutnya rentan terpengaruh dengan perubahan harga.

Selain itu,  untuk mengoptimalkan perolehan laba, perseroan akan melakukan efesiensi biaya. "Kami akan mengoptimalkan perencanaan tambang yang dapat memberikan profit margin yang optimal dengan tetap memperhatikan kaidah penambangan yang baik," ujarnya, kepada Katadata.co.id, Selasa (17/9).

(Baca: Biaya Produksi Meningkat, Laba Bersih PTBA Anjlok 22,5%)

Adapun pada tahun ini perseroan menargetkan bisa memproduksi batu bara sebanyak 27,3 juta ton dengan target penjualan sekitar 28,4 juta ton.

Menurut laporan keuangan perusahaan, pada semester I 2019 PTBA membukukan laba bersih sebesar Rp 2 triliun, turun 22,48% dari periode yang sama pada 2018 senilaiRp 2,58 triliun.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...