IHSG Turun Karena Aksi Demonstrasi, Ini Saham-Saham Top Loser Sesi I

Penulis: Happy Fajrian

24/9/2019, 13.54 WIB

Berlanjutnya aksi demonstrasi menciptakan ketidakpastian di pasar saham sehingga investor menghindari aset berisiko seperti saham.

ihsg sesi i, saham top losers, pasar saham, aksi demonstrasi
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
IHSG terkoreksi 1,26% pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Selasa (24/9). Dari jajaran top losers ada saham yang terkoreksi hingga 18%. Sedangkan dari kelompok LQ 45, Adaro Energy Tbk (ADRO) memimpin dengan koreksi 6,20%.

Kondisi pasar yang minim sentimen positif serta diperberat dengan kondisi dalam negeri yang marak aksi demonstrasi membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sesi pertama hari ini, Selasa (24/9) terkoreksi cukup dalam sebesar 1,26% ke posisi 6.128,21.

Indeks LQ 45 tercatat anjlok hingga 1,72% ke posisi 959,98. Sementara itu menurut data RTI Infokom, sebanyak 323 saham terkoreksi, 74 saham lainnya mampu bergerak naik, dan sisanya stagnan pada sesi I perdagangan hari ini.

Masih berlanjutnya aksi demonstrasi mahasiswa untuk menolak revisi undang-undang tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) serta revisi UU Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (UU KUHP) menciptakan ketidakpastian di pasar saham, sehingga investor menghindari aset-aset berisiko seperti saham.

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus juga menilai pelaku pasar sedikit khawatir dengan kondisi di dalam negeri.

(Baca: Investor Saham Cemas Ketidakpastian Politik, IHSG Sesi I Anjlok 1,26%)

“IHSG turun di tengah bursa-bursa di Asia lainnya yang cenderung bergerak naik. Mungkin saja karena kondisi dalam negeri," kata Nico kepada Katadata.co.id, pada Selasa (24/9).

Analis Royal Investium Sekuritas Janson Nasrial juga memberikan pandangan yang senada. “Sepertinya (IHSG) hari ini, karena faktor demonstrasi dan ketidakpastian politik,” ujarnya ketika dihubungi oleh Katadata.co.id.

Dari jajaran saham-saham top losers hari ini ada yang tercatat turun hingga 18% yakni Asuransi Harta Aman Pratama Tbk. (AHAP) sebesar 18,81% dan Duta Anggada Realty Tbk. (DART) sebesar 18,38%. Sementara itu Tunas Alfin Tbk. (TALF) terkoreksi sebesar 10,06%.

Sementara itu pada saham-saham indeks LQ 45, penurunan terbesar terjadi pada Adaro Energy Tbk. (ADRO) yang turun hingga 6,20% menjadi Rp 1.285 per saham, diikuti United Tractors Tbk. (UNTR) yang turun 5,32% menjadi Rp 20.925, kemudian Aneka Tambang Tbk. (ANTM) turun 3,79% menjadi Rp 1.015.

Kemudian saham Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk. (PTBA) turun 3,75% menjadi Rp 2.310, dan di posisi lima ada saham Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) yang turun 3,59% menjadi Rp 1.210 per saham.

(Baca: Bursa Saham Domestik Tertekan Aksi Jual oleh Investor Asing)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan