Gelombang Demonstrasi DPR dan Laris-Manisnya Pedagang Masker

Muchamad Nafi
1 Oktober 2019, 10:23
Gelombang Demonstrasi DPR dan Laris-Manisnya Pedagang Masker
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Sejumlah mahasiswa berada di stasiun Pal Merah menuju ke gedung depan DPR/MPR RI, Jakarta (24/9). Demonstran merebak di sejumlah daerah di Indonesia memprotes rencana pemerintahan Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang.

Ribuan pedemo yang membanjiri kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, sepanjang dua pekan terakhir, rupanya membawa berkah tersendiri bagi para pedagang. Setiap ada aksi unjuk rasa, mereka telah bersiaga sejak pagi, bahkan ketika fajar baru bersinar, seperti hari ini ketika para anggota DPR, MPR, dan DPD RI periode 2019-201 hendak dilantik.

Sejumlah pedagang masker dan handuk bersiaga menggelar dagangannya di sekitar Gedung DPR/MPR. Novan seorang pedagang masker dan handuk. Dia menyatakan sangat bersyukur dalam beberapa hari terakhir karena barangnya banyak yang laku dibanding hari-hari biasa. “Ada demo jadi ramai yang beli,” kata Novan.

Advertisement

Novan mulai berjualan dari pukul 06.30 WIB. Lelaki 35 tahun itu berangkat dari Kampung Melayu, berkeliling seputar gedung DPR untuk menawarkan handuk segi empat, slayer persegi empat, buff, dan masker buff kepada orang-orang yang ditemuinya.

Petugas kepolisian, wartawan, hingga masyarakat yang lalu lalang di sekitar area demonstrasi, kemarin hingga pagi ini, sudah banyak yang membeli barang dagangannya. Ia menjajakan bersama pedagang kaki lima lainnya sejak pekan lalu.

(Baca: Usai Demonstrasi Ricuh, Tol Dalam Kota Selasa Pagi Beroperasi Normal)

Ia berhitung, dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB, dagangannya laris-manis diborong pembeli. “Ya lumayan banyak. Kalau enggak kenapa saya balik lagi jualan,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement