Bank Dunia Puji Pengelolaan Utang Indonesia

Agatha Olivia Victoria
10 Oktober 2019, 18:25
utang pemerintah
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Total utang pemerintah pusat hingga Agustus 2019 mencapai Rp 4.680,19 triliun.

Bank Dunia menyebut Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup baik dalam mengelola utang. Hal ini karena level utang Indonesia masih berada dalam batas yang wajar.

"Indonesia melakukan pekerjaan yang bagus dalam mengelola utang dengan rasio terhadap PDB di kisaran 30%, bahkan di bawah itu yang merupakan level yang wajar," ujar Ekonom Utama Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Andrew Mason dalam Video Conference di Bangkok, Kamis (10/10).

Advertisement

Kementerian Keuangan mencatat total utang pemerintah pusat hingga Agustus 2019 mencapai Rp 4.680,19 triliun, naik 7,3% dibanding periode yang sama tahun lalu Rp 4.363,19 triliun. Sementara rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 29,8%. 

Adapun realisasi pembiayaan utang hingga akhir Agustus 2019 mencapai Rp284,78 triliun. Pembiayaan utang terutama dipenuhi dari penerbitan surat berharga negara (SBN) yang mencapai 290,7 triliun, sedangkan penarikan pinjaman justru negatif Rp5,97 triliun.

(Baca: Bank Dunia Pangkas Lagi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia)

Berdasarkan ketentuan Undang-Undang tentang Keuangan Negara No. 17 tahun 2003, rasio utang dibatasi dengan jumlah maksimal 60% dari PDB. Dengan demikian, rasio utang Indonesia masih sangat jauh dari batas maksimal.

Namun, Andrew tetap menyarankan agar Indonesia tetap berhati-hati dalam mengelola utang. "Terutama yang harus dipeerhatikan risiko utang di tengah perlambatan ekonomi yang ada di kawasan Asia Timur dan Pasifik," ucap dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement