Jelang Akhir Jabatan, Jonan Paparkan Capaian 3 Program Andalan Jokowi

Image title
14 Oktober 2019, 22:50
Menteri ESDM Ignasius Jonan
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Menteri ESDM Ignasius Jonan bersiap memberikan konferensi pers capaian kinerja Kementerian ESDM di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDMIgnasius Jonan mengungkapkan sejumlah capaian sektor energi, khususnya tiga program andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu elektrifikasi seluruh daerah Indonesia, BBM Satu Harga, dan bauran energi baru dan terbarukan. Hal tersebut diungkapkan menjelang berakhirnya masa jabatan menteri Kabinet Kerja pada pekan ini.

Jonan menyatakan, rasio elektrifikasi dalam lima tahun terakhir naik dari 85% menjadi 98,9%. "Jadi kira-kira 14% lebih tambahannya," katanya di Jakarta, Senin (14/10).

Peningkatan rasio elektrifikasi ke depan memang semakin sulit karena daerahnya terpencil. Tapi Jonan berharap, sampai akhir tahun nanti rasionya bisa mencapai 99% atau 99,1% hingga 99,2%. "Harapan kami nanti 2020 itu selesai 100%, saudara-saudara bisa menikmati penerangan." 

Rasio elektrifikasi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 memang ditargetkan mencapai 99,9%. Hingga Juli 2019, rasio elektrifikasi telah mencapai 98,8%. Berikut Databoks terkait rasio elektrifikasi dalam 20 tahun :

(Baca: Pertamina Tuntaskan Pembangunan 161 Titik BBM Satu Harga)

Capaian berikutnya terkait program BBM Satu Harga yang telah mencapai target 170 titik pada tahun ini. Jonan pun menargetkan lembaga penyalur BBM Satu Harga bisa bertambah 330 titik dalam lima tahun ke depan. Sehingga pada 2024 terdapat 500 lembaga penyalur BBM Satu Harga.

Pasalnya, banyak wilayah yang belum memiliki lembaga penyalur BBM Satu Harga. "Kira-kira ada 1.000 kurang lebih kecamatan yang tidak ada SPBU-nya," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...