Adian Napitupulu hingga Bupati Ngawi Jadi Calon Menteri dari PDIP

Image title
Oleh Tim Redaksi
19 Oktober 2019, 07:00
PDIP, Menteri, kabinet.
ANTARA FOTO/NYOMAN HENDRA WIBOWO
Jokowi menjanjikan PDIP akan mendapatkan kursi terbanyak.

Nama-nama politisi PDI Perjuangan mulai beredar sebagai calon menteri di kabinet  pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dari informasi yang dihimpun Katadata.co.id dari berbagai politisi di partai berlambang banteng merah, paling tidak ada sembilan nama kader PDIP yang telah diajukan kepada Jokowi.

Salah satu nama yang masuk adalah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sekaligus mantan aktivis Adian Napitupulu.  Adian hari Kamis (17/10) kemarin sempat muncul di Istana sekitar pukul 10.30 WIB.  Hanya saja, tak diketahui apa alasan kedatangannya bertemu Jokowi atau Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

(Baca: Pengusaha, Politisi & Menteri yang ke Istana saat Jokowi Susun Kabinet)

Ketua dan Sekretaris Fraksi PDIP di DPR yakni Utut Adianto dan Bambang Wuryanto disebut masuk dalam daftar calon menteri. Anggota DPR lainnya yakni Hendrawan Supratikno, Nusyirwan Soedjono, Aria Bima, hingga mantan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga dipertimbangkan Jokowi untuk jadi pembantunya.

Selain itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Bupati Ngawi Budi Sulistyono juga disebut menjadi kandidat penghuni kabinet lima tahun ke depan. Dari informasi yang beredar, PDIP berpeluang mendapat jatah lima menteri.

Ketika dikonfirmasi, Aria Bima menyatakan tidak tahu mengenai kabar masuknya dia sebagai pembantu Jokowi. “Belum pernah dengar,” ujarnya melalui pesan Whatsapp kepada Katadata.co.id, Jumat (18/10).

(Baca: Pengusaha, Politisi & Menteri yang ke Istana saat Jokowi Susun Kabinet)

Hendrawan juga enggan berandai-andai posisinya di masa depan.  Dia menyerahkan kepada Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal kebenaran kabar ini. 

Namun Hendrawan mengatakan nama-nama calon menteri sebenarnya sudah mengerucut. Dia meminta kabar soal posisi PDIP di kabinet ditanyakan lebih lanjut kepada Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. “Takutnya saya nanti offside,” katanya.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto, Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...