Menteri ESDM Targetkan Seluruh Proyek RDMP Pertamina Rampung Pada 2024

Image title
1 November 2019, 19:02
kilang
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dua orang petugas melintas di area Refinery Unit V Pertamina Balikpapan Kalimantan Timur (22/7). Kilang Balikpapan merupakan salah satu proyek Refinery Development Masterplan Program (RDMP) yang ditargetkan rampung pada 2024.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong Pertamina untuk segera menyelesaikan proyek pengembangan kilang atau Refinery Development Master Plan (RDMP). Dia bahkan menargetkan proyek tersebut bisa rampung dalam lima tahun ke depan.

Target tersebut lebih cepat dua tahun dari target Pertamina pada 2026. "Yang RDMP pasti mungkin, pasti bisa," ujar Arifin di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (1/11).

Advertisement

Pertamin memang mengerjakan beberapa proyek RDMP. Namun, baru proyek RDMP Balikpapan yang sejauh ini sudah memulai konstruksi.

Sedangkan proyek RDMP lainnya terkesan jalan di tempat. Contohnya, RDMP Cilacap yang bekerja sama dengan Saudi Aramco. Hingga kini kedua perusahaan masih membahas mengenai valuasi dan spin off aset.

Arifin pun mendesak Pertamina agar proyek RDMP Cilacap bisa segera berjalan. "Harus kami percepat, harus signing dalam tahun ini, mudah-mudaha," ujar Arifin.

Sedangkan untuk proyek kilang baru atau Grass Root Refinery (GRR) diharapkan sudah berjalan pada 2024. Ini lantaran proyek pembangunan kilang baru membutuhkan banyak tahapan, diantaranya feasibility study, land clearing, financial support, hingga Engineering Procurement Construction (EPC).

"Yang grass root harus jalan, walaupun tidak pada periode kedua (Presiden Joko Widodo), tapi kalau bisa lebih cepat kenapa tidak,"katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement