RI Simpan Potensi Energi Panas Bumi 25.300 MW, Realisasi Masih Minim

Image title
5 November 2019, 15:11
kementerian esdm, panas bumi, energi baru, potensi panas bumi
ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN
Sejumlah pekerja beraktivitas di area instalasi sumur Geothermal atau panas bumi milik PT Geo Dipa Energi kawasan dataran tinggi Dieng Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (10/10/2018). Indonesia memiliki potensi 25.300 megawatt (MW) listrik yang bisa dihasilkan dari energi panas bumi, namun baru sekitar 2.000 MW yang berhasil dihasilkan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyampaikan Indonesia memiliki potensi panas bumi yang besar untuk dikembangkan menjadi sumber energi baru. Meski begitu, dari beberapa sumber cadangan panas bumi yang ada,  baru beberapa yang berhasil dikembangkan.

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menyatakan potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia masih menjanjikan untuk dijadikan sumber energi baru.

"Dari potensi cadangan 25.300 megawatt (MW), baru 2.000 MW yang berhasil dikembangkan menjadi listrik baru. Jadi masih banyak peluang untuk mengembangkan panas bumi," ujarnya kepada Katadata.co.id, Selasa (5/11).

(Baca: Indonesia Punya 312 Lapangan Panas Bumi, Bisa Jadi Sumber Energi Baru)

Lebih lanjut, menurut Ida pemerintah telah berupaya untuk memaksimalkan potensi cadangan yang ada saat ini yakni melalui berbagai program.

Beberapa program di antaranya yakni penawaran wilayah kerja panas bumi (WKP) melalui lelang dan penugasan kepada BUMN, penawaran wilayah penugasan survei pendahuluan dan eksplorasi (WPSPE) melalui beauty contest, serta program pengeboran eksplorasi pemerintah (goverment drilling).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...