Pertamina Optimistis Valuasi Proyek Kilang Cilacap Rampung Desember

Image title
6 November 2019, 19:52
kilang balikpapan
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi. Pertamina dan Saudi Aramco telah menunjuk tim penilai independen untuk melakukan valuasi proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Kilang Cilacap.

PT Pertamina optimistis proses valuasi proyek Refinery Development Master Plan (RDMP)  Kilang Cilacap rampung sebelum akhir tahun ini. Perusahaan plat merah ini mengaku terus melakukan diskusi dengan Saudi Aramco.

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang mengatakan, pihaknya dan Saudi Aramco telah menyepakatiterkait tim penilai independen untuk melakukan proses valuasi saat pertemuan G20 beberapa waktu lalu di Jepang.

Advertisement

"Jadi sekarang sudah kami tunjuk, dalam satu bulan paling cepat hasil valuasi keluar. Mudah-mudahan ini hasil kesepakatan," ujarnya dalam acara media briefing di Kantor Pusat Pertamina, Rabu (6/11).

Dengan sudah dilakukannya penunjukkan tersebut, ia berharap tim penilai atau  International Financial Advisory Group (IFA) dapat memberikan hasil dalam jangka waktu satu bulan ke depan. "Jadi hasil IFA keluar bulan ini, tapi kesepakatan kedua pihak diupayakan desember," kata dia.

(Baca: Pertamina dan Aramco Belum Sepakat, Proyek Kilang Cilacap Mandek)

Menurut Tallulembang, pengadaan lahan untuk pembangunan Kilang Cilacap kini juga sudah mencapai 100 persen, meski terdapat satu pemilik lahan yang masih memproses kasasi di MA. Saat ini. pihaknya juga tengah melakukan tahapan lelang  early work untuk kilang tersebut. 

"Tahapannya, yakni pengerukan lahan, jalan kami relokasi, kami bikin jalan yang bagus. Itu sedang lelang sekarang," katanya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement