WhatsApp Buat Pengaturan Menolak Undangan Grup, Begini Caranya

Pingit Aria
8 November 2019, 15:19
WhatsApp
Katadata

Pernah punya pengalaman tak menyenangkan saat seseorang memasukkan Anda ke grup WhatsApp tanpa permisi? Kini, hal itu tak perlu terjadi lagi.

WhatsApp kini memungkinkan Anda untuk menolak undangan masuk ke grup percakapan. Anda bahkan bisa mencegah orang lain mengirimkan undangan ke grup tanpa izin. Dengan demikian, orang lain tak bisa sembarangan memasukkan Anda ke grupnya.

Fitur baru WhatsApp yang diluncurkan pada 6 November 2019 ini terdapat dalam pengaturan privasi untuk group chat. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa membuka Pengaturan atau Setting dalam aplikasi.

Selanjutnya, ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi yang disediakan. Tiga opsi tersebut adalah Semua Orang (Everyone), Kontak Saya (My Contact), atau Kontak Saya dengan Kecuali (My Contact Except).

Jika Anda memilih opsi 'Semua Orang', artinya semua pengguna WhatsApp bisa memasukkan nomor kita ke grup mana pun. Semua orang yang dimaksud mencakup mereka yang ada dalam daftar kontak Anda atau tidak.

(Baca: Kominfo Gandeng Badan Sandi Negara Usut Kasus Peretasan Whatsapp)

Kemudian, jika Anda memilih opsi 'Kontak Saya' berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam kontak yang dapat menambahkan Anda ke dalam grup.

Sedangkan, opsi 'Kontak Saya Kecuali' menawarkan pengaturan tambahan untuk memilah siapa saja dalam daftar kontak yang dapat menambahkan kamu ke dalam grup chat.

Nantinya, admin yang tidak dapat menambahkan Anda ke dalam grup akan diminta untuk mengirimkan undangan melalui chat individual (japri). Undangan personal ini juga disertai pilihan apakah Anda berminat untuk bergabung ke dalam grup atau tidak.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...