SKK Migas Minta Pertamina Percepat Pengeboran Blok Mahakam

Image title
8 November 2019, 21:18
Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Blok Mahakam. SKK MIgas meminta Pertamina mempercepat pengeboran lapangan untuk menahan laju penurunan produksi migas pada Blok Mahakam.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas)  meminta PT Pertamina (Persero) mempercepat pengeboran lapangan pada Blok Mahakam guna menahan laju produksi. 

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menjelaskan, salah satu upaya yang harus dilakukan oleh Pertamina saat ini adalah melaksanakan program percepatan pengeboran Lapangan (PPL 1).  Melalui program yang akan dilaksanakan pada 2020-2022 itu, menurut dia, Pertamina akan mengebor 257 sumur di lima lapangan Blok Mahakam dengan investasi mencapai US$ 1,5 miliar.

Advertisement

"Ini untuk menghentikan laju penurunan (produksi) yang di tahun-tahun sebelumnya cukup besar dan menjaga tingkat produksi pada tingkat optimum-nya," ujar Dwi kepada Katadata.co.id, Jumat (8/11).

Setelah PPL 1 rampung. menurut Dwi, Pertamina akan melaksanakan program lanjutan, seperti (PPL 2) dan (PPL 3). Hal ini dilakukan dalam upaya peningkatan produksi dan progress Optimasi Pengembangan Lapangan-lapangan (OPLL) Pertamina Hulu Mahakam.

(Baca: Menteri ESDM Minta Pertamina Kerja Keras Tingkatkan Produksi Mahakam)

Sementara itu, Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Samsu menjelaskan, jumlah sumur pengembangan yang akan dibor pada tahun depan mencapai 117 sumur. Jumlah tersebut sudah termasuk dua sumur eksplorasi untuk menguji potensi pada formasi geologi yang lebih dalam.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement