Trump Sebut Tiongkok Lebih Butuh Kesepakatan Dagang Dibandingkan AS

Agustiyanti
11 November 2019, 06:41
kesepakatan dagang, presiden as donald trump.
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Er
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menegaskan hanya akan mencapai kesepakatan dengan Tiongkok jika AS diuntungkan.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut, pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok berjalan baik. Namun, AS hanya akan membuat kesepakatan untuk menyelesaikan perang dagang dengan Beijing sepanjang kesepakatan tersebut menguntungkan bagi AS.

Trump akhir pekan lalu mengatakan bahwa pembicaraan negosiasi dagang antara kedua negara lebih lambat dari harapannya. Kendati demikian, menurut Trump, Tiongkok lebih menginginkan kesepakatan ini dibanding AS.

"Saya pikir, pembicaraan perdagangan dengan Tiongkok berjalan dengan sangat baik. Kami akan membuat kesepakatan jika memang ini kesepakatan yang bagus untuk AS dan jika tidak, kami tak akan membuat kesepakatan," ujar Trump, dikutip dari Reuters, Senin (1/11).

(Baca: Trump Tegaskan Belum Ada Kesepakatan Tarif Dagang dengan Tiongkok)

Ia menekankan, Tiongkok sangat menginginkan kesepakatan dagang. Pasalnya, menurut dia, perang dagang membuat Tiongkok mengalami ekonomi yang buruk dalam 57 tahun terakhir.

"Rantai pasokan mereka rusak, mereka ingin membuat kesepakatan. Mungkin mereka harus membuat kesepakatan, saya tidak peduli dan itu terserah mereka," ungkap dia.

Ia mengatakan telah ada informasi yang salah tentang kesediaan AS terkait kenaikan tarif. Hal tersebut, menurut dia, mendatangkan puluhan hingga ratusan miliar dolar AS ke Negara Paman Sam Tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...