Bangkit di Sesi II, IHSG Ditutup Naik 0,52% Berkat Sektor Tambang

Image title
12 November 2019, 17:43
ihsg hari ini, ihsg naik
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
IHSG Selasa (12/11) ditutup naik 32,25 poin atau 0,52% ke level 6.180,99.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Selasa (12/11), ditutup naik 0,52% ke level 6.180,99. IHSG mengawali perdagangan dari zona merah hingga penutupan sesi I terkoreksi tipis 0,07% ke level 6.144,16. Masuk ke sesi II IHSG bangkit hingga penutupan bursa.

"Hari ini indeks menguat didorong oleh sentimen positif dari "rebound"-nya indeks bursa regional, menguatnya rupiah dan harga batu bara," kata analis Indopremier Sekuritas Mino di Jakarta, dilansir dari Antara.

Bursa saham Asia mengakhiri perdagangan hari ini dengan kinerja yang positif. Indeks Nikkei 225 naik 0,81%, Hang Seng naik 0,52%, Shanghai naik 0,17%, Strait Times Index naik 0,59%, serta Kospi naik 0,79%.

Laju positif bursa Asia dipengaruhi sikap investor yang menantikan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) kebijakan perdagangan Negeri Adidaya tersebut, serta terkait perang dagang dengan Uni Eropa (UE).

(Baca: Dibayangi Sentimen Dagang AS-Tiongkok, IHSG Diramal Bergerak Beragam)

Dilansir dari Reuters, Trump dikabarkan akan menunda pengenaan tarif terhadap produk otomotif asal UE selama enam bulan. Di sisi lain, Trump juga akan memberikan pernyataan terkait hubungan dagang AS dengan Tiongkok. Sikap Trump terkait UE meningkatkan ekspektasi investor bahwa Trump memberikan pernyataan positif tentang Tiongkok.

"Pernyataan positif apapun tentang hubungan dagang AS-Tiongkok akan disambut positif oleh investor meskipun belum ada detail tentang penandatanganan perjanjian dagang tahap 1," kata seorang analis seperti dikutip dari Reuters.

Data Perdagangan Hari ini

Pada perdagangan hari ini, total volume saham yang diperjual-belikan mencapai 10,73 miliar saham yang ditransaksikan sebanyak 542.841 kali oleh investor. Total nilai transaksi tercatat sebesar Rp 7,46 triliun. Sebanyak 201 saham naik, 178 saham turun, dan sisanya bergerak stagnan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...