Delapan Investor Asing Tertarik Akuisisi Anak Usaha Jiwasraya

Image title
12 November 2019, 23:06
kementerian bumn, penyelamatan jiwasraya, asuransi jiwasraya, delapan investor asing
Dok. Jiwasraya
Kementerian BUMN menyatakan ada delapan investor asing yang akan terlibat dalam upaya penyelamatan Jiwasraya melalui PT Jiwasraya Putera.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan upaya penyelamatan PT Asuransi Jiwasraya akan melibatkan delapan investor asing yang bertindak sebagai mitra strategis. Investor asing tersebut, rencananya bakal mengakuisisi saham anak usaha Jiwasraya, yaitu PT Jiwasraya Putra.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa dengan melepas saham Jiwasraya Putra kepada mitra strategis, dana tersebut bakal masuk ke Jiwasraya. Sehingga, dengan dana tersebut dapat membantu upaya penyelamatan Jiwasraya.

"Iya (uangnya untuk menyelamatkan Jiwasraya). Tapi belum tahu target dana berapa karena masih due dilligence dengan delapan investor. Asing semua," kata Tiko, sapaan akrab Kartika ketika ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (12/11).

(Baca: Kemelut Gagal Bayar Jiwasraya, Tantangan Besar bagi Erick Thohir)

Dia menambahkan, saat ini Kementerian BUMN masih mempelajari kebutuhan dana Jiwasraya untuk menentukan opsi-opsi penyelamatan. Pihaknya berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Keuangan lantaran ukuran Jiwasraya yang besar serta kerugian yang terakumulasi selama bertahun-tahun.

"Perlu terobosan karena tidak bisa pakai pola B to B saja. Tapi, belum ada solusi yang final. Jadi, masih diskusi dengan OJK dan Kemenkeu," kata Tiko.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...