Fintech Modalku Capai Target Salurkan Pinjaman Rp 10 Triliun ke UMKM

Penulis: Desy Setyowati

14/11/2019, 11.26 WIB

Penyaluran kredit ini tumbuh tiga kali lipat dibanding periode sama tahun lalu.

capai target, fintech modalku menyalurkan pinjaman Rp 10 miliar kepada umkm
modalku
Ilustrasi, CEO sekaligus Co-Founder Modalku Reynold Wijaya dan COO sekaligus Co-Founder Modalku Iwan Kurniawan.

Induk perusahaan teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Modalku, yakni Funding Societies mencapai target penyaluran pinjaman Rp 10 triliun kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Asia Tenggara. Mayoritas diberikan ke UMKM Indonesia.

Penyaluran pembiayaan itu tumbuh tiga kali lipat dibanding November 2018. “Perkembangan pesat yang dialami Modalku beriringan dengan perkembangan UMKM yang kami dukung,” kata Co-Founder sekaligus CEO Modalku Reynold Wijaya dalam siaran pers, Kamis (14/11).

Total pembiayaan itu terdiri atas 1,1 juta transaksi pinjaman ke UMKM. Angka tersebut meningkat 40 kali lipat dibanding periode sama tahun lalu (year on year/yoy) dan sudah melebihi target tahun ini.

Layanan Funding Societies hadir di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Modalku mengelola operasional di Tanah Air. “Kami akan terus berinovasi untuk menjangkau lebih banyak UMKM yang belum tersentuh dan layak mendapatkan kesempatan untuk berkembang,” kata dia.

(Baca: Fintech Modalku Salurkan Pinjaman Rp 8,5 Triliun di Asia Tenggara)

Berdasarkan riset Google, Temasek, dan Bain & Company dalam laporan bertajuk ‘e-Conomy SEA 2019’, 139 juta dari total 181 juta populasi dewasa di Indonesia belum memiliki akses penuh ke layanan perbankan seperti kredit, asuransi, dan investasi. Karena itu, potensi pasar fintech pembiayaan masih besar.

Co-Founder sekaligus COO Modalku Iwan Kurniawan menilai, UMKM merupakan punggung perekonomian Indonesia dan jumlahnya akan terus meningkat. “Potensi pasar di Indonesia masih sangat besar,” kata dia.

Modalku menyediakan pinjaman tanpa agunan kepada UMKM, termasuk yang berjualan di e-commerce. Perusahaan juga menawarkan pinjaman menggunakan invoice sebagai dokumen utama dalam mengajukan pinjaman.

(Baca: Target Salurkan Pinjaman Rp 10 Triliun, Modalku Incar Pemilik Warung)

Sampai saat ini, jumlah pemberi pinjaman (lender) baik individu maupun institusi yang terdaftar di Modalku sekitar 150 ribu akun. Pemberi pinjaman individu dari kalangan milenial masih mendominasi profil pemberi pinjaman di Modalku. 

Mereka juga mulai menyasar warung. Modalku bakal menyediakan layanan pinjaman Rp 5 juta hingga Rp 10 juta kepada pemilik toko kelontong. Perusahaan optimistis permintaan dari pasar ini akan besar.

Sedangkan untuk UMKM, Perusahaan menyediakan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar. (Baca: Mendekati Target, Modalku Salurkan Pinjaman Rp 5,84 Triliun)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan