Trump Minta Bunga Negatif, The Fed: Ekonomi AS Masih Kuat

Agustiyanti
14 November 2019, 08:40
Dolar
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Presiden AS Donald Trump telah beberapa kali meminta Bank Sentral AS, The Federal Reserve menurunkan bunga acuan menjadi negatif.

Gubernur The Federal Reserve Jerome Powell menyatakan, suku bunga negatif yang diminta Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tak sesuai dengan kondisi ekonomi negara itu. Pasar tenaga kerja AS dinilai kuat dan inflasi terjaga stabil.

"Ini merupakan pemulihan ekonomi yang sangat lambat, tetapi telah berlangsung lama," kata Powell, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/11).

Keputusan The Fed bersebrangan dengan Swiss dan Jerman yang menetapkan suku bunga negatif dengan membayar melalui obligasi pemerintah.

(Baca: Trump: Tiongkok Sangat Ingin Kesepakatan Dagang, AS yang Putuskan)

"Suku bunga negatif tidak akan sesuai dengan kondisi saat ini. Ekonomi AS berada dalam posisi yang kuat, tumbuh," kata dia.

Powell menjelaskan, sektor konsumen AS masih kuat terlihat dari inflasi yang stabil. Sementara suku bunga negatif, menurut dia, ditetapkan jika pertumbuhan ekonomi sangat rendah dan mengarah turun.

Dia mengatakan tiga kali pemangkasan bunga tahun ini yang dilakukan pihaknya akan mendorong konsumsi rumah tangga dan bisnis. The Fed pun memastikan tak akan mengubah suku bunga kecuali prospek ekonomi memburuk secara signifikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...