Ikuti Langkah GoPay, OVO, DANA dan LinkAja Kaji Layanan Paylater

Cindy Mutia Annur
21 November 2019, 12:09
ikuti langkah gopay, ovo, dana dan linkaja kaji paylater
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Ilustrasi, pengunjung melintas di depan restoran makan cepat saji yang terpasang poster promosi diskon aplikasi fintech pembayaran atau "payment gateway" di salah satu mal di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Perusahaan teknologi finansial (fintech) besutan Gojek, GoPay meluncurkan metode pembayaran cicilan tanpa kartu kredit atau paylater sejak September 2018. Langkah itu disusul oleh OVO pada awal tahun ini. DANA dan LinkAja pun mengkaji layanan serupa.

GoPay menggandeng PT Mapan Global Reksa (Findaya) untuk menyediakan fitur cicilan tersebut. Sedangkan OVO menggaet PT Indonusa Bara Sejahtera atau Taralite, yang diakuisisi Maret lalu, untuk menyediakan paylater.

Per Mei 2019, layanan OVO PayLater tersedia di 200 ribu mitra mulai dari Hypermart, ACE Hardware hingga kuliner seperti Hoka-Hoka Bento dan Bakmi GM. “Sejak peluncuran OVO Paylater, kami menyadari tingginya antusiasme dari masyarakat terhadap layanan ini,” kata Head of Public Relations OVO Sinta Setyaningsih kepada Katadata.co.id, kemarin (20/11) sore.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id, fitur paylater sempat ada di halaman depan aplikasi OVO. Namun, dengan tampilan yang baru, fitur itu hilang. Di Tokopedia, layanan OVO paylater masih ada.

(Baca: Fintech DANA Gandeng Blue Bird dan Rilis Layanan Paylater)

Sinta tidak berkomentar terkait hal itu. Ia hanya mengatakan, perusahaanya berfokus pada konsumen. “Kami terus berupaya meningkatkan layanan ini dari segi registrasi, keamanan, penggunaan maupun sistem cicilan agar dapat diterima oleh seluruh masyarakat,” katanya.

Selain itu, perusahaannya mengkaji berbagai layanan keuangan, salah satunya pinjaman. “Kami sedang mengkaji berbagai produk pinjaman untuk beragam segmen pengguna di antaranya konsumen dan UMKM,” kata dia.

Aplikasi OVO telah diunduh lebih dari 115 juta kali. Perusahaan fintech pembayaran ini juga sudah menggaet sekitar 500 ribu mitra penjual di 354 kota Indonesia.

(Baca: LinkAja Siapkan Fitur Paylater Gandeng Bank dan Fintech)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...