Genjot Serapan Beras, Bulog Minta Suntikan Modal Rp 20 T ke Pemerintah

Image title
Oleh Ekarina
22 November 2019, 09:45
Genjot Serapan Beras, Bulog Minta Suntikan Modal ke Pemerintah Rp 20 Triliun.
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Pekerja menata beras untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di gudang Perum Bulog Subdivisi Regional (Divre) Meulaboh, Aceh, Rabu (30/10/2019). Bulog mengusulkan suntikan modal Rp 20 triliun kepada pemerintah untuk pengadaan beras.

Perum Bulog mengusulkan agar Pemerintah menyuntik modal Rp20 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk memaksimalkan pengadaan atau penyerapan beras untuk stok cadangan beras pemerintah (CBP).

Selama ini, pengadaan beras CBP, Bulog menggunakan dana pinjaman dari perbankan. "(Dana awal) kurang lebih sebesar Rp20 triliun," kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso pada rapat dengar pendapat dengan Komisi IV DPR di Jakarta, kemarin (22/11).

Advertisement

Budi Waseso atau akrab disapa Buwas menjelaskan, suntikan modal awal ini bertujuan agar Bulog tak lagi meminjam uang dan membayar bunga berjalan kepada dari perbankan. 

(Baca: Soal Mafia Beras Program Bantuan, Buwas: Ada Oknum Baru di Luar Bulog)

Hingga September 2019, Bulog masih memiliki utang atau pinjaman yang diselesaikan sebesar Rp28 triliun untuk pengadaan sejumlah komoditas, termasuk beras.

Pada tahun ini, pemerintah menugaskan pengadaan beras sebesar 1,8 juta ton. Namun hingga 18 November 2019, realisasinya baru mencapai 1,14 juta ton atau setara 63,6% dari target.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement