Incar Cadangan Migas, Pertamina EP Survei Geokimia Lapangan Matindok

Image title
22 November 2019, 13:52
Pertamina EP, Blok Matindok, migas
Pertamina EP
Ilustrasi, kegiatan hulu migas di lepas pantai. Pertamina EP melaksanakan survei geokimia di wilayah perairan Matindok untuk menambah cadangan migas.

Pertamina EP berusaha meningkatkan cadangan migas dengan cara melaksanakan survei geokimia di area offshore Lapangan Matindok, Sulawesi Tengah. Untuk survei geokimia tersebut, Pertamina EP menggandeng Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) .

Dengan kapal P3GL, Pertamina akan mengambil sample untuk penelitian geokimia maupun geomekanik. "Ada sekitar 200 sample yang akan diambil dari dasar laut Matindok," kata Nanang kepada Katadata.co.id pada Kamis (21/11). 

Pelaksanaan survei geokimia oleh P3GL rencana dilaksanakan selama tiga bulan mulai pertengahan Oktober hingga akhir Desember 2019. Survei meliputi area seluas 1.225 km2 dengan kedalaman air rata-rata di atas 500 hingga 1000 meter. 

Salah satu potensi yang besar adalah potensi sumber daya migas di area lepas pantai Matindok, yang meliputi area prospek Bubalus, Kudukudu, dan Kepekepa.

Setelah survei geokimia rampung, Pertamina EP akan menggabungkan data tersebut dengan hasil survei seismik yang telah dilaksanakan di area yang sama. "Nanti hasilnya akan diintegrasikan untuk mendapat prospek yang solid," kata Nanang.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...