Pakai GoPay, Penghasilan Musisi Jalanan Meningkat 300%

Desy Setyowati
24 November 2019, 12:10
pakai gopay, penghasilan ratusan musisi jalanan naik 300%
Gojek
(ki-ka) Penggagas Konferensi Musik Indonesia, Glenn Fredly, Pendiri Institut Musik Jalanan, Andi Malewa, Musisi, Sari Koeswoyo, Lembaga Manajemen Kolektif Nasional, Irfan Aulia Irsal, dan Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sabartua Tampubolon dalam panel bertajuk \"Panen Royalti dan Sosialisasi Undang-Undang Ekonomi Kreatif\" yang diadakan pada acara Konferensi Musik Indonesia.

Ratusan musisi jalanan yang tergabung dalam Institut Musik Jalanan (IMJ) menggunakan layanan dompet digital GoPay sejak Juni lalu. Sejak saat itu, pendapatan mereka meningkat 300%.

Senior Manager Consumer PR GoPay Deviani Wulandari mengatakan, masyarakat bisa memberikan sumbangan lewat GoPay kepada lebih dari 200 musisi jalanan di Jakarta, Semarang, dan Yogyakarta sejak pertengahan tahun ini. “Rata-rata penghasilannya meningkat hingga 300%,” kata dia dalam siaran pers, Minggu (24/11).

Para musisi tersebut pun memiliki tabungan dan bisa membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Dengan begitu, mereka bisa mengelola keuangannya sendiri.

Kali ini, perusahaannya menyediakan layanan pembayaran dalam acara Konferensi Musik Indonesia (KAMI) bertajuk ‘Musik untuk Perdamaian’. Ia menegaskan, GoPay terbuka untuk berkolaborasi dengan banyak pihak.

“Harapannya, dampak positif tadi bisa dirasakan oleh lebih banyak musisi dan tidak terbatas pada musisi jalanan,” kata Deviani.

(Baca: Perluas Bisnis, Beri Sumbangan ke Pemusik Jalanan Bisa Lewat Go-Pay)

Penggagas dan Ketua KAMI Glenn Fredly mengatakan, GoPay berdampak positif terhadap IMJ. Karena itu, salah satu dosen IMJ ini ingin mengangkat peran layanan pembayaran ini di acara KAMI. “Kami percaya inovasi ini tidak hanya akan memudahkan para musisi dalam mencari nafkah, namun juga bisa mendorong mereka untuk terus berkarya,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...