IPO Jumbo Kedua Tahun ini, Unicharm Berpotensi Raup Rp 1,5 Triliun

Image title
25 November 2019, 17:58
ipo unicharm
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Ilustrasi pasar modal. Produsen popok dan pembalut Uni-Charm Indonesia berencana melakukan IPO akhir tahun ini dan berpotensi meraih dana hingga Rp 1,5 triliun

Produsen popok dan pembalut PT Uni-Charm Indonesia bakal melepas sahamnya ke publik melalui skema penawaran umum perdana saham alias initial public offering (IPO) tahun ini. Rencananya, pencatatan saham Unicharm dilakukan pada 20 Desember 2019 mendatang.

Dalam paparan publik (public expose) perusahaan yang digelar hari ini, Senin (25/11), terkait rencana IPO tersebut, pemilik merek popok Mamypoko dan pembalut Charm  ini bakal melepas 20% saham dari modal ditempatkan dan disetor penuh usai IPO.

"Jumlah saham yang akan ditawarkan adalah sebanyak-banyaknya 831,31 juta saham," kata Presiden Direktur Unicharm, Yuji Ishii melalui siaran resmi. 

Adapun, perusahaan menawarkan saham di kisaran Rp 1.400 - 1.800 per saham. Dengan total saham yang dilepas ke publik tersebut, maka perusahaan berpotensi mengantongi dana segar dari IPO ini antara Rp 1,2 - 1,5 triliun, dan menjadi IPO terbesar sepanjang tahun ini.

(Baca: Bersiap IPO, Tokopedia Cari Pendanaan Rp 21 Triliun)

Saat ini, pemegang saham mayoritas perusahaan yaitu Unicharm Corporation dengan porsi saham sebesar 74%. Sementara, sisanya sebesar 26% dikuasai oleh PT Purinusa Ekapersada yang terafiliasi dengan Grup Sinarmas.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...