Bos Pertamina Ingin Tawarkan Skema Baru Proyek Cilacap ke Saudi Aramco

Image title
26 November 2019, 17:31
Kilang Cilacap. Pertamina ingin menawarkan proyek kilang baru kepada Saudi Aramco jika tak mencapai kesepakatan di proyek kilang Cilacap.
Katadata
Kilang Cilacap. Pertamina ingin menawarkan proyek kilang baru kepada Saudi Aramco jika tak mencapai kesepakatan di proyek kilang Cilacap.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan pihaknya bakal menawarkan skema baru untuk pembangunan proyek kilang Cilacap kepada Saudi Aramco.  Pasalnya, Pertamina dan Aramco tak kunjung mencapai kesepakatan terkait valuasi dan spin off aset di proyek kilang Cilacap. 

Penawaran itu baru akan disampaikan jika Pertamina dan Aramco tak mencapai kesepakatan hingga akhir tahun. Nicke menjelaskan skema baru pembangunan kilang Cilacap tersebut bakal sama dengan skema kilang Balikpapan. Artinya, Pertamina dan Aramco tidak memerlukan spin off aset kilang eksisting. 

"Kalau tidak terjadi kesepakatan ada skema yang sama seperti Balikpapan," ujar Nicke dalam diskusi bersama awak media di Pertamina Energi Forum 2019, JakartaSelasa (26/11).

Meski begitu, pihaknya masih berharap ada kesepakatan dengan Saudi Aramco untuk membangun proyek kilang Cilacap. "Ini sedang dilakukan kesepakatan untuk valuasi. Jadi semoga kesepakatan akan ada," ujar Nicke.

(Baca: Kementerian ESDM Berencana Tawarkan Proyek Kilang Baru ke Saudi Aramco)

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana menawarkan proyek kilang minyak baru kepada Saudi Aramco. Pelaksana Tugas Dirjen Migas Djoko Siswanto menjelaskan pemerintah tidak hanya menawarkan Aramco untuk berinvestasi membangun fasilitas kilang baru, tapi juga memberi opsi kepada Aramco untuk memilih lokasi untuk proyek baru tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...