Gagal Manfaatkan Sentimen Optimisme Perang Dagang, IHSG Turun 0,05%

Happy Fajrian
27 November 2019, 17:44
ihsg hari ini, ihsg turun, ihsg terkoreksi, perang dagang
ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO
Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Rabu (27/11) turun tipis 0,05% ke level 6.023,04.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Rabu (27/11), ditutup turun tipis 3,15 poin atau 0,05% ke level 6.023,04. Kinerja IHSG sejalan dengan indeks utama Tiongkok, Shanghai Composite Index, yang juga terkoreksi di tengah hijaunya bursa saham Asia.

Indeks Shanghai hari ini ditutup dengan koreksi sebesar 0,13%. Sedangkan bursa Asia lainnya yakni indeks Strait Times naik 0,24%, Hang Seng naik 0,15%, Nikkei naik 0,28%, dan Kospi naik 0,31%.

Kinerja positif mayoritas bursa saham Asia masih dipengaruhi sentimen dari perjanjian dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa penandatanganan perjanjian dagang dengan Tiongkok sudah semakin dekat.

(Baca: IHSG Hari Ini Diramal Turun Lagi, Saham Bank dan Tambang Direkomendasi)

Kendati demikian, data ekonomi Tiongkok yang menunjukkan laba sektor manufaktur di sana yang turun signifikan, membuat indeks utama Negeri Panda gagal memanfaatkan sentimen positif dari perjanjian dagang dengan AS.

Sementara itu indeks domestik masih dibebani oleh investor asing yang terus menarik dananya keluar dari pasar saham. Sepanjang hari ini, investor asing membukukan penjualan bersih (net sell) saham Rp 397,7 miliar di seluruh pasar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...