Gaet 5 Juta Pengusaha di Dunia, WhatsApp Business Raup Untung di India

Fahmi Ahmad Burhan
28 November 2019, 10:35
WhatsApp Business gaet 5 juta pengguna secara global dan raup untung di India
Katadata
Ilustrasi WhatsApp

Divisi bisnis WhatsApp, WhatsApp Business menggaet lima juta pengguna secara global setiap bulannya. Bahkan, divisi ini meraup untung di India meski baru setahun hadir.

Di India, anak usaha Facebook ini menjangkau 1 juta usaha kecil. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) ini juga menyediakan WhatsApp Business di Indonesia.

WhatsApp Business membukukan pendapatan US$ 960 ribu atau sekitar Rp 13,5 miliar untuk Tahun Anggaran 2019. Alhasil, perusahaan meraup untung US$ 79,9 ribu atau sekitar Rp 1,13 miliar.

Keuntungan itu utamanya didapat melalui bisnis teknologi informasi (IT) dan layanan outsourcing. Ekuitas dan kewajiban WhatsApp India mencapai US$ 826,64 ribu yang merupakan hasil dari utang dagang seperti total iuran terutang untuk usaha kecil dan menengah (UKM).

(Baca: Bersaing dengan E-Commerce, WhatsApp Rilis Fitur Katalog di Indonesia)

Startup dan bisnis kecil merupakan urat nadi masyarakat India dan mendorong perekonomian lokal,” kata Head of WhatsApp India Abhijit Bose kepada media lokal India LiveMint dikutip dari KrAsia, kemarin (27/11).

Secara global, WhatsApp Business menggaet lima juta pengguna setiap bulannya. “Kami berkomitmen memberikan mereka (UKM) dukungan dalam mencapai kesuksesan," kata Abhijit.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...