Twitter Ramai Keluhan Soal Telkomsel, WhatsApp dan Instagram Eror

Penulis: Desy Setyowati dan Cindy Mutia Annur

5/11/2019, 14.04 WIB

Gangguan pada Instagram dan WhatsApp terjadi di banyak negara.

Platform Twitter ramai dengan keluhan warganet seputar layanan internet Telkomsel , Telkom Indihome, WhatsApp dan Instagram yang mengalami gangguan.
Katadata
Ilustrasi. Platform Twitter ramai dengan keluhan warganet seputar layanan internet Telkomsel , Telkom Indihome, WhatsApp dan Instagram yang mengalami gangguan.

Platform Twitter ramai dengan keluhan warganet seputar layanan internet Telkomsel dan Telkom Indihome yang eror. Selain itu, warganet mengeluh perihal WhatsApp dan Instagram yang mengalami gangguan.

Berdasarkan situs Trends24, setidaknya ada 41,2 ribu unggahan terkait Telkomsel. Lalu, ada 10,5 ribu tweet seputar gangguan.

Warganet mengeluhkan gangguan layanan Telkomsel dan Telkom Indihome sejak pukul 10.00 WIB. "Saya menghabiskan sekitar Rp 1,5 juta untuk @telkomsel dan @indihome per bulan dan gangguan ini terjadi dalam beberapa waktu. Saya punya proyek besar. Astaga," kata salah satu warganet @RezaAndana,

Beberapa warganet juga mengunggah meme. "Beberapa waktu lalu setelah Telkomsel dan Indihome down," kata Adhira Pratama melalui akun Twitter-nya @pratama_ax, sembari mengunggah gambar dengan konten 'manusia purba'.

(Baca: Warganet Mengeluh Twitter dan TweetDeck Down Sejak Siang Hari Ini)

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengakui sempat ada penurunan kualitas layanan data internet. Hal itu terjadi adanya gangguan pada akses internet international Telkom Group, sedangkan untuk layanan telepon dan SMS tetap berjalan normal.

"Setelah terjadi penurunan kualitas akses layanan internet beberapa waktu lalu, saat ini akses layanan internet kembali normal," ujar Denny kepada Katadata.co.id, Selasa (5/11).

Ia pun menyampaikan permohonan maaf atas gangguan tersebut. "Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi," katanya.

(Baca: Instagram, Facebook, dan WhatsApp Bermasalah Lagi di Seluruh Dunia)

Selain itu, lini masa Twitter ramai dengan keluhan warganet terkait Instagram dan WhatsApp yang eror. Setidaknya, ada 2,2 ribu unggahan menggunakan tagar #InstagramDown. "Instagram dan WhatsApp down," kata @chrstnapang.

Berdasarkan situs Downdetector, WhatsApp eror sejak pukul 17.00 PM EDT atau sekitar 05.00 WIB. Gangguan terjadi di banyak negara, mulai dari Amerika Serikat (AS), Eropa hingga Indonesia.

Sedangkan Instagram juga mengalami gangguan sejak 17.00 PM EDT atau sekitar 05.00 WIB di banyak negara. Bahkan, kedua media sosial ini sempat eror ada 31 Oktober di beberapa negara.

(Baca: WhatsApp, Instagram dan Facebook Kembali Alami Gangguan)


Reporter: Cindy Mutia Annur

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan