Pendiri Trakindo dan Salah Satu Orang Kaya RI, Achmad Hamami Meninggal

Ameidyo Daud Nasution
30 November 2019, 12:45
Pengusaha Achmad Hamami
Tiara Marga Utama
Pemilik Tiara Marga Trakindo yang juga salah satu orang terkaya di Indonesia yakni Achmad Hamami meninggal dunia pada usia 89 tahun. Foto: Ameidyo Daud diambil dari laman Tiara Marga Trakindo

Pemilik Tiara Marga Trakindo yang juga salah satu orang terkaya di Indonesia yakni Achmad Hamami meninggal dunia pada usia 89 tahun. Hamami berpulang hari jumat (29/11) setelah dirawat di sebuah rumah sakit di Jakarta Selatan.

Direktur Chandra Sakti Utama yakni Suwandi Wiratno mengatakan jenazah Hamami akan dimakamkan siang ini di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Namun ia tak mengungkapkan apa penyebab meninggalnya distributor alat berat Caterpillar tersebut.

“Saya belum tahu (penyebabnya), saat ini masih di rumah duka,” kata Suwandi saat dihubungi Katadata.co.id, Sabtu (30/11).

(Baca: Pengusaha Ciputra Meninggal Dunia di Singapura)

Dilansir dari laman Tiara Marga Trakindo, Achmad Hadiat Kismet Hamami lahir tanggal 29 Juli 1930. Ia pernah berkarier sebagai pilot militer dan pernah menimba ilmu penerbangan di Belanda dan Inggris sejak tahun 1953 hingga 1956.

Pada tahun 1967 dia menjabat sebagai Direktur Operasi Departemen Pertahanan dan mulai menjajal dunia swasta sebagai Direktur Indoconsult Associates sampai tahun 1970.

Diambil dari laman Trakindo, Hamami mulai mendirikan perusahaan ini pada 23 Desember 1970. Setahun kemudian, ia menjadi agen tunggal untuk menjual Caterpillar. Tahun 1977, Trakindo mendirikan anak usaha yang bernama PT Sanggar sarana Baja yang bergerak di bidang manufaktur alat berat.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...