Jokowi Pastikan Erick Thohir Segera Selesaikan Masalah Jiwasraya

Dimas Jarot Bayu
2 Desember 2019, 18:35
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir bakal segera menyelesaikan persoalan yang membelit PT Asuransi Jiwasraya
Jiwasraya.co.id
Ilustrasi Jiwasraya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bakal segera menyelesaikan persoalan yang membelit PT Asuransi Jiwasraya. Jokowi menyatakan, Erick sudah punya cara untuk menangani permasalahan itu.

Namun, ia enggan membeberkan langkah yang bakal ditempuh Erick untuk mengatasi persoalan Jiwasraya. “Saya kira akan diselesaikan Menteri BUMN. Saya sudah diberi tahu tahapannya,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini (2/12).

Advertisement

Kemelut Jiwasraya berawal ketika perusahaan menunda pembayaran klaim produk Saving Plan Rp 802 miliar pada Oktober 2018. Produk ini disalurkan melalui beberapa bank seperti PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank ANZ Indonesia, PT Bank QNB Indonesia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank KEB Hana, PT Bank Victoria Tbk, dan PT Bank Standard Chartered Indonesia.

(Baca: Soal PMN Jiwasraya, Kemenkeu Tak Ingin 'Menggarami Laut')

Dalam surat yang beredar kala itu, Jiwasraya menyatakan pemenuhan pendanaan untuk pembayaran masih diproses. Perusahaan pun menawarkan pemegang polis untuk memperpanjang jatuh tempo (roll over) hingga satu tahun berikutnya.

Selang setahun, masalah yang dihadapi Jiwasraya justru kian pelik. Pada Kamis (8/11), Jiwasraya menyampaikan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bahwa perusahaan butuh dana Rp 32,98 triliun. Ini demi memperbaiki permodalan sesuai ketentuan minimal yang diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau risk based capital (RBC) 120%.

Hal tersebut terungkap dalam salinan dokumen Jiwasraya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR. Dokumen tersebut juga menunjukkan, modal atau ekuitas Jiwasraya per September 2019 negatif Rp 23,92 triliun. Adapun rapat antara DPR dan Jiwasraya itu digelar tertutup.

(Baca: Kemelut Jiwasraya, Pengamat Asuransi Lihat Banyak Jalan untuk Selamat)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement