Masih Ada Asa Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok, Rupiah Menguat 0,22%

Agatha Olivia Victoria
5 Desember 2019, 16:06
nilai tukar rupiah, kesepakatan dagang, perang dagang
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi nilai tukar. Rupiah menguat 0,22% terhadap dolar AS sore ini seiring optimisme tercapainya kesepakatan dagang antara AS dan TIongkok.

Nilai tukar rupiah pada perdagangan sore ini, Kamis (5/12), menguat 0,22% terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ke level Rp 14.074/US$. Penguatan mata uang Garuda didorong oleh  kemungkinan hampir tercapainya kesepakatan dagang AS dan Tiongkok.

Selain rupiah, mayoritas mata uang Asia juga menguat terhadap dolar AS. Mengutip Bloomberg, dolar Singapura menguat 0,13%, dolar Taiwan 0,06%, won Korea Selatan 0,36%, peso Filipina 0,42%, rupee India 0,02%, yuan Tiongkok 0,09%, dan ringgit Malaysia 0,11%.

Advertisement

Meski begitu, yen Jepang, dolar Hong Kong, dan baht Thailand terpantau melemah. Yen turun 0,03%, baht 0,14%, sedangkan dolar Hong Kong melemah satu poin.

Sementara itu berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau JISDOR, rupiah hari ini berada pada posisi Rp 14.094/US$, menguat 31 poin dibandingkan level penutupan perdagangan kemarin.

(Baca: Rupiah Menguat Tipis Dipicu Komentar Trump Soal Negosiasi Dagang)

Vice President Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, negosiator AS dan Tiongkok saat ini membicarakan berapa jumlah tarif yang bisa dihapus. "Kesepakatan fase satu diperkirakan sudah dekat," kata Tjendra kepada Katadata.co.id, Kamis (5/12).

Menurut dia, negosiasi AS dan Tiongkok masih berlangsung meski ada ketegangan politik akibat dirilisnya Undang-Undang (UU) Hong Kong dan Rancangan Undang-Undang (RUU) Xinjiang oleh AS.

Sebagaimana diketahui, Presiden AS Donald Trump sebelumnya telah menandatangani UU demokrasi di Hong Kong. Pemerintah Tiongkok pun langsung mengecam aksi ini sebagai upaya campur tangan AS terhadap urusan dalam negeri Tiongkok dan menyatakan siap mengambil langkah tegas untuk membalas AS.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement